PWI Kalteng Bagikan 10.000 Masker di Pasar Kahayan

Tim Medis RS Awal Bros Betang Pambelum, sedang memeriksa kesehatan anak yang mengalami batuk-batuk, di layanan pengecekan kesehatan gratis dan pembagian masker di halaman Pasar Kahayan Palangka Raya, Jumat (20/9/2019).

PALANGKA RAYA – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng bersama mitra membagikan ribuan masker kepada para pengunjung Pasar Kahayan dan masyarakat sekitar, Jumat (20/9/2019).

Aksi sosial yang bertajuk “PWI Kalteng Peduli” tersebut, digelar bekerja sama dengan Pemprov Kalteng, Rumah Sakit (RS) Awal Bros Betang Pambelum, Senator asal Kalteng Agustin Teras Narang, Universitas Palangka Raya, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kalteng dan sejumlah mitra kerja PWI Kalteng.

Ketua PWI Kalteng HM Haris Sadikin, mengatakan, kegiatan aksi sosial itu selain diisi dengan pembagian masker yang dilakukan jajaran pengurus  PWI Kalteng, juga dilaksanakan pelayanan pengecekan kesehatan gratis kepada masyarakat, yang dilakukan RS Awal Bros Betang Pambelum.

“Rumah Sakit Awal Bros Betang Pambelum selaku mitra kerja PWI, membuka pelayanan pengecekan kesehatan secara gratis kepada masyarakat, serta layanan ruang oksigen,” ujarnya.

Dengan begitu, masyarakat bisa mengetahui kondisi kesehatannya di tengah kondisi kabut asap yang tidak sehat saat ini.

Ditambahkannya, dalam aksi sosial tersebut setidaknya PWI Kalteng menyiapkan sebanyak 5000 lebih masker, dan ditambah RS Awal Bros Betang Pambelum yang juga menyiapkan 5.000 masker. Sehingga total keseluruhan, mencapai sekitar 10.000 masker untuk dibagikan.

“Jika hari ini pembagian masker dan pelayanan kesehatan menyasar kepada para pedagang dan masyarakat yang ada di sekitar Pasar Kahayan, maka aksi serupa akan kami lakukan pada sejumlah titik-titik lainnya,” ungkap Haris.

Di tempat yang sama, Kepala Marketing dan Humas RS Awal Bros Betang Pambelum Palangka Raya Fredy Simamora, menuturkan, pihaknya akan terus mendukung kegiatan-kegiatan yang bersifat kemanusian, termasuk yang digagas PWI Kalteng.

“Seperti aksi sosial hari ini, kita dibantu beberapa tenaga dokter dan perawat, serta didukung pihak Keuskupan RS  Awal Bros Betang Pambelum Palangka Raya, untuk melakukan pelayanan kesehatan,” sebutnya.

Menurutnya melalui posko pelayanan kesehatan yang disiapkan, setidaknya bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan pengecekan kesehatan. Sebab dengan kondisi udara yang berbahaya bagi kesehatan sekarang ini, membuat daya tahan tubuh lemah, dan dapat terpapar Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

“Bekerja sama dengan PWI Kalteng dan mitra lainnya, kami RS Awal Bros Betang Pambelum juga telah menyiapkan standar-standar penanganan bencana, seperti menyiapkan ruang oksigen berjalan dan ada juga di rumah sakit kita sendiri selama bencana kabut asap,” tutupnya. (il/red)

Berita Terkait