Rektor UPR Ikut Padamkan Kebakaran Lahan

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi, turun membantu mahasiswa yang tergabung dalam Tim Satgas Karhutla UPR, memadamkan lahan yang terbakar di Jalan Rungan, Palangka Raya, Jumat (9/8/2019).

PALANGKA RAYA – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr Andrie Elia SE MSi, langsung turun tangan memadamkan kebakaran lahan di tanah milik kampus terbesar dan tertua di Kalteng ini, Jumat (9/8/2019).

Didampingi Kepala UPT Cimtrop Dr Yusurum Jagau, Kabag Umum, Hukum, Tatalaksana, dan Barang Milik Negara Suwandy SE, Presiden BEM Karuna Mardiansyah, serta Mapala di lingkungan UPR, Rektor memadamkan api yang membakar lahan gambut di Jalan Rungan, Palangka Raya.

Rektor berbincang dengan petugas pemasangan mesin penyedot air di salah satu titik sumur bor di lahan bergambut milik UPR.

Kepada wartawan yang turutserta melakukan pemadaman, orang nomor satu di UPR ini, mengatakan, lahan gambut yang terbakar itu memiliki kedalaman sekitar enam meter. Selain itu, terbakarnya lahan diduga kuat akibat faktor alam di musim kemarau saat ini.

Untuk melakukan proses pemadaman, pihaknya membentuk Tim Satgas Karhutla, dan mempunyai alat pemadaman sendiri yang dimiliki LPPM dan Cimtrop UPR.

“Tim yang diturunkan ini, merupakan orang-orang yang sudah terlatih dan profesional di bidang lahan gambut, bersama mahasiswa. Dalam melakukan aktifitas, tim juga dibantu tim dari Pemprov Kalteng, Polda Kalteng, dan Korem 102 Panju Panjung,” terang Andrie.

Tidak hanya memadamkan kebakaran lahan di lingkungan UPR, tim yang dibentuk juga memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membantu proses pemadaman di luar lingkungan kampus. (il/red)

Berita Terkait