UPR Diminta Cetak SDM Berdaya Saing

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menandatangani kesepakatan zona integritas disaksikan Rektor Universitas Palangka Raya DR Andrie Elia Embang SE MSi, di Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Selasa (15/01/2019).

PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) sebagai perguruan tinggi tertua di Kalimantan Tengah, harus mampu menyiapkam sumber daya manusia berdaya saing. Hal itu untuk mempersiapkan generasi Bumi Tambun Bungai menghadapi era revolusi industri 4.0.

“Saya ingin UPR dibawah kepemimpinan DR Andrie Elia Embang SE MSi, menjadi lebih baik, dan yang terbaik. Itu akan membuat UPR, menjadi lembaga pencetak SDM yang handal,” ungkap Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Selasa (15/01/2019).

UPR, jelas Gubernur, harus mampu bergerak menjadi perguruan tinggi terbaik di Kalimantan, bahkan Indonesia. Ia ingin, seluruh generasi muda Kalteng menempuh pendidikan tinggi. Tentunya pendidikan ditempuh di UPR.

Untuk mewujudkan itu, Gubernur memastikan akan terus bekerja keras untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Tujuannya, agar bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat miskin yang anak-anaknya ingin bersekolah.

“Saya ingin dosen yang menempuh pendidikan Doktoral (S3), bisa kami kuliahkan. Begitu juga bagi dosen-dosen yang ingin bergelar Profesor, kami akan bantu fasilitasi,” kata dia.

Keinginan besar itu Gubernur sampaikan, karena dia melihat rata-rata perguruan tinggi di Kalteng masih terakreditasi B. Kedepan dengan peningkatan SDM, dia ingin akreditasi perguruan tinggi di Kalteng meningkat menjadi A.

“kita tidak boleh kendor dan patah semangat. Justru, kita harus bangkit dari ketertinggalan kita. Karena tidak ada yang tidak mungkin, selama kita punya niat yang kuat untuk merubah semuanya,” tegas Sugianto.

Terpisah, Rektor UPR DR Andrie Elia SE MSi kepada uprjayaraya.com, mengaku sangat berterima kasih atas dukungan Gubernur. Apa yang disampaikan itu, tentu akan menjadi semangatnya selama memimpin UPR menuju UPR Jaya Raya.

“Dengan pernyataan Pak Gubernur, kami berterima kasih. Ini menjadi bukti beliau sangat mendukung UPR sebagai bagian dari sejarah Kalteng, dan menjadi tumpuan harapan beliau, yakni UPR menjadi yang terdepan untuk pembangunan SDM di Kalteng,” tutup Andrie.(redaksi)

Berita Terkait