UPR Petakan Lokasi Rawan Kebakaran

Ketua Satgas Karhutla UPR Suwandy SE

PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Kebakaran dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sudah memetakan lokasi rawan kebakaran di areal universitas tersebut.

Kepala Bagian Umum, Hukum, Tata Laksana dan Barang Milik Negara, UPR, Suwandy SE mengatakan, pemetaan lokasi kebakaran di lahan milik universitas tersebut dilakukan menggunakan drone.

“Kebakaran lahan yabg terjadi di lingkungan Universitas Palangka Raya, lokasinya berada di ujung kampus. Di daerah tersebut masih banyak tumbuhan pakis (kalakai dan sejenusnya),” kata Suwandy kepada uprjayaraya.com, Senin (12/8/2019).

Ia menjelaskan, pemadaman kebakaran lahan milik UPR sudah dilakukan dengan armada seadanya dan mengerahkan beberapa personil.

“Satgas ini melibatkan beberapa unsur, seperti Cimtrop, Mapala dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). Saat ini tercatat ada sekitar 22 hektar lahan milik Universitas Palangka Raya yang terbakar. Lahan terbakar itu sudah dilakukan pemadaman,” kata dia.

Untuk diketahui, Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan dan Pencegahan Karhutla. Pembentukan Satgas berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor UPR Nomor 335/UN24/LL/2019, tertanggal 30 Juli 2019.

SK Satgas Karhutla UPR yang diberlakukan mulai 1 Agustus 2019 ini, dikeluarkan dengan pertimbangan bahwa sumber daya alam lahan dan atau hutan merupakan kekayaan yang bermanfaat sebagai penyangga ekosistem yang kondisinya terus menurun akibat eksploitasi serta karhutla. Sehingga perlu dijaga kelestariannya dengan dikelola secara baik guna menunjang pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan. Selain itu, kawasan UPR sendiri hampir 50 persen berhutan yang juga sangat perlu dijaga kelestariannya.

“Kebakaran hutan dan atau lahan merupakan ancaman terhadap kerusakan lingkungan hidup yang mengakibatkan kerugian ekologi, ekonomi, sosial dan budaya,” jelas Rektor UPR, Adrie Elia SE MSi.

Dia menegaskan, pembentukan Satgas Penanggulangan dan Pencegahan Karhutla di lingkungan UPR ini adalah dalam rangka kesiapan, pencegahan, pengurangan resiko bencana, serta penanganan pemadaman karhutla. (yfd/red)

 

Berita Terkait