Pangeran Brunei Nikmati Susur Sungai Sebangau

CEO BIMP-EAGA Pangeran Yura Kesteria saat menikmati susur Sungai Sebangau, menunjukkan bukti jika air sungai tersebut walaupun tampak coklat kemerahan tetapi bersih, Kamis (4/4/2019).

PALANGKA RAYA – Pangeran Brunei Darussalam Yura Kesteria bersama rombongan dan sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya melakukan susur Sungai Sebangau pada Kamis (4/4/2019) siang.

Pangeran Brunei Darussalam Yura bersama rombongan tampak menikmati susur Sungai Sebangau. Bahkan, pangeran banyak mengabadikan moment perjalanan tersebut menggunakan kamera.

Pada kesempatan tersebut, Pangeran Yura melalui BIMP-EAGA dan Multipro Resources menawarkan investasi untuk mengembangkan infrastruktur di sekitar Danau Kereng Bangkirai. Hal itu untuk mendukung ecotourism di Kota Palangka Raya.

Secara administratif, Taman Nasional Sebangau masuk dalam tiga wilayah yakni Kabupaten, Katingan, Kabupaten Pulang Pisau dan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah.

Panjangnya lebih dari 400 kilometer dan bermuara ke Laut Jawa. Sungai Sebangau memiliki kedalaman bervariasi antara tiga sampai 30 meter. Selain memiliki potensi perikanan air tawar, seperti ikan Toman, di Sungai Sebangau juga hidup buaya muara.

“Baru-baru ini ada pemancing ikan datang dari Thailand dan Filipina dan memancing di Sungai Sebangau. Ikan terkenal adalah toman,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata Kereng Bangkirai, Palangka Raya, Aldius, kepada uprjayaraya, Kamis.

Bagi masyarakat yang berminat menikmati susur Sungai Sebangau, bisa datang ke Pelabuhan Kereng Bangkirai. Harga yang ditawarkan bervariasi antara Rp300 ribu hingga Rp600 ribu.(yfd/red)

Berita Terkait