Satu Rumah dan Barak di Kasongan Ludes Terbakar

Kebakaran terjadi di Jalan Pelita I, RT 25 Desa Hampalit, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, pada Sabtu (16/3/2019) sekitar pukul 10.00 WIB, menghanguskan satu unit rumah dan satu unit barak tiga pintu.

KASONGAN – Kebakaran terjadi di Jalan Pelita I, RT 25 Desa Hampalit, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, pada Sabtu (16/3/2019) siang, sekitar pukul 10.00 WIB. Si jago merah menghanguskan satu unit rumah dan satu unit barak berisi tiga pintu.

Data yang dihimpun di lapangan, barak tersebut adalah milik H Hairani alias H Kacung dan disewakan masing-masing kepada Muhammad Samsudinoor, Ibas dan Tia.

Kebakaran itu menggemparkan masyarakat setempat. Karena terjadi di lingkungan pemukiman penduduk. Apalagi saat itu kebanyakan warga setempat sedang beraktifitas di luar rumah.

Beberapa saksi di lapangan menduga api berasal dari arus pendek (korsleting) kabel meteran KWh PLN yang daya tahannya sudah tidak optimal lagi. Sehingga tidak mampu menahan beban arus listrik hingga mengakibatkan kebocoran aliran listrik dan terjadilah percikan api.

Kapolres Katingan AKBP E Dharma Ginting mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara, kebakaran tersebut awalnya diketahui oleh Insan Kamil yang melihat ada kobaran api di bagian dapur. Saat itu dia keluar dari kamar untuk menonton TV. Tiba-tiba melihat kobaran api yang sangat besar berasal dari kabel panjang yang menyambung ke meteran KWh listrik yang terletak di bagian depan.

“Anggota Polres Katingan yang melaksanakan Piket Jaga Fungsi dan Regu Standby mendengar informasi kebakaran tersebut segera mendatangi ke TKP dan dengan sigap bersama warga sekitaran dengan cepat membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya sampai tibanya bantuan mobil pemadam kebakaran,” ujar Kapolres Katingan via seluler.

“Api berhasil dipadamkan kurang lebih satu jam kemudian atau pada sekitar pukul 11.30 WIB. Dalam kejadian kebakaran itu tidak ditemukan korban jiwa. Sedangkan kerugian material diperkirakan sekitar Rp200 juta,” lanjutnya.

Sementara, Unit Identifikasi Sat Reskrim Polres Katingan usai kejadian, terlihat langsung melakukan olah TKP untuk memastikan sebab-sebab kejadian.(mz/redaksi)

Berita Terkait