257 Peserta Ikuti SKD CPNS Formasi Tenaga Pendidik Dosen

PALANGKA RAYA — Sebanyak 257 orang mengikuti tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019, wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), dengan menggunakan sistem online (CAT).

Penerimaan CPNS ini, dilaksanakan oleh BKN Pusat, pada masing-masing daerah, secara gratis, terbuka dan transparan. Pada penerimaan CPNS tahun ini, untuk wilayah Kalteng, BKN Pusat juga membuka formasi pendidik (dosen).

Kegiatan seleksi penerimaan ini dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Pusat, yang digelar di Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Palangka Raya, pada hari Rabu (05/02/2020).

Ketua Panitia Penyelenggara Penerimaan CPNS, Lusiana Vega SE MSi menyampaikan, penerimaan CPNS pendidik ini dilaksanakan langsung oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Pusat, dimana 24 formasi yang tersedia, diantaranya adalah untuk formasi pendidik (dosen).

Wanita yang juga menjabat Kepala Biro Umum dan Keuangan Universitas Palangka Raya (UPR) ini mengatakan, mengingat formasi ini adalah untuk tenaga pendidik (dosen), maka salah satu persyaratan wajib, peserta harus memiliki pendidikan minimal Strata Dua (S2).

“Adapun tahapan seleksi ini, dimulai dari peserta mendaftar secara online, untuk mendapatkan nomor registrasi, kemudian selanjutnya para peserta mengikuti beberapa tahapan seleksi, seperti pelaksanaan CAT, yang dilaksanakan pada hari ini,” ujar Lusiana.

Untuk pengumuman dari hasil tahapan SKD hari ini, akan diumumkan pada tanggal 22 Februari 2020 mendatang. Bagi para peserta yang dinyatakan lulus, selanjutnya akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Sub Bagian Kepegawaian UPR, Eka Surya Usop menambahkan bahwa secara teknis pelaksanaan seleksi menggunakan sistem CAT.

“Para peserta, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), pada pagi ini mulai pukul 07.00 WIB hingga pada pukul 18.00 WIB sore nanti, telah melakukan registrasi atau daftar ulang. Pada hari ini, ada 5 (lima) sesi, dan pada besoknya ada 1 (satu) sesi,” jelasnya singkat.

Ia mengatakan, setelah melakukan daftar ulang (registrasi), para peserta diarahkan langsung menuju ruang tunggu. Disana, peserta akan menunggu gilirannya sembari menonton tayangan-tayangan video, yang memuat pelaksanaan penerimaan CPNS dengan sistem CAT.

Pada saat ujian berlansung, para peserta diberikan waktu mengerjakan semua soal ujian selama 90 menit. Eka menambahkan bahwa selain formasi pendidik, juga digelar SKD formasi balai bahasa serta LPMP.

“Pada hari ini, selain formasi pendidik, juga dilaksanakan seleksi untuk formasi balai bahasa dan LPMP,” tutupnya. – FL –

Berita Terkait