Bersatu Mendukung Program Food Estate

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr. Andrie Elia, S.E., M.Si membuka secara langsung kegiatan talk show yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Palangka Raya (BEM UPR) pada Senin (07/06/2021).

Kegiatan yang mengusung tema “Peran Food Estate Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Serta Prospek Kerja Bagi SDM Lulusan UPR, diikuti puluhan peserta. Baik unsur pimpinan, akademisi, dosen, peneliti, mahasiswa UPR sendiri.

Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Prof.Dr. Sulmin Gumiri, M.Sc. Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Perencanaan, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah (DTPHP Prov. Kalteng) Ir. Hj.Sunarti., MM dan Dr. Ir. Eka Not Taufik,MP. yang merupakan dosen UPR menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut di moderatori oleh Dr. Aprianto Liun Ladju, S.Pd. M.Pd.

Dalam sambutannya, Beni Parulian Siregar selaku Presiden BEM Universitas Palangka Raya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai upaya dan kontribusi BEM UPR untuk mendorong terlaksana nya program Food Estate di Kalimantan Tengah.

“Kita dari UPR sangat berharap agar dapat mewujudkan ketahanan pangan serta Prospek kerja bagi SDM Lulusan UPR. Disatu sisi, civitas UPR menyatakan berharap bahwa melalui program food estate di Kalimantan Tengah para lulusan UPR akan berperan untuk menjadi penggerak dan petani berdasi bukan malah menjadi buruh tani ditanah nya sendiri,” ujarnya.

Sementara Rektor UPR dalam sambutan dan paparan nya menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan positif yang digagas oleh BEM UPR tersebut.

“Kegiatan yang dilaksanakan oleh BEM memiliki nilai konstruktif bagi masyarakat Kalteng dan Indonesia dan sejalan dengan upaya pihaknya untuk mewujudkan UPR Jaya Raya. Besar harapan, bahwa BEM senantiasa dapat berkontribusi bagi pembangunan UPR,” katanya.

Rektor juga menceritakan, bahwa beberapa waktu lalu bahkan Universitas Palangka Raya menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang diundang dalam rapat koordinasi terkait food estate oleh kementrian terkait yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan dalam kunjungan kerja beberapa waktu lalu ke kawasan Food Estate Kalimantan Tengah,” Katanya.

Dari ceritanya tersebut, Rektor berharap civitas UPR semakin tertantang dan membulatkan tekatnya serta menjawab tantangan bangsa ditengah Pandemi COVID-19, terkhusus untuk ketahanan pangan.

“Universitas Palangka Raya diminta secara langsung untuk ikut serta dan terlibat secara langsung dalam program Food Estete di Kalimantan Tengah. UPR diminta berperan aktif dan UPR diakui memiliki sumberdaya manusia yang cukup untuk mendukung program tersebut. UPR diharapkan, agar bersama BEM dapat mencetak SDM yang unggul dan berdaya saing untuk mendukung program strategis nasional tersebut,” Katanya.

Rektor juga menegaskan, UPR juga telah memiliki modul untuk membuat persiapan pelatihan petani Milenial di UPR sebagai upaya untuk mewujudkan sumber daya manusia UPR yang memiliki kualitas serta daya saing untuk bersama-sama mensukseskan program food estate.

“Sehingga lulusan UPR nanti dapat berperan secara maksimal dan menempati posisi startegis dalam program startegis Nasional tersebut,” Tutupnya. (Rul)

Berita Terkait