Dibutuhkan Waktu Tiga Tahun UPR menjadi PTN-BH

Uprjayaraya.com
Palangkaraya,
Rektor Universitas Palangka Raya, Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S, menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan layanan, Perguruan Tinggi dengan status BLU hanya diberi waktu 3 tahun untuk selanjutnya harus meningkatkan status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) dengan syarat menjadi PTN-BH sebuah PTN harus memenuhi syarat 50% dari program studi harus berakreditasi A/Unggul. Hal ini disampaikan Sampak saat menggelar rapat koordinasi di Aula Rahan, Kamis (12/1).

“Universitas Palangka Raya sendiri harus melakukan evaluasi dalam pemetaan Prodi Unggul dan rencana kerja tindak lanjut serta upaya dalam pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri,” katanya.

Universitas Palangka Raya lanjutnya yang saat ini menyandang status PK-BLU dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 495/KMK.05/2022 tanggal 15 Desember 2022.

Dengan demikian, UPR sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU), dituntut harus mempunyai rencana bisnis anggaran yang bersifat tidak untuk mencari keuntungan.

Dalam Rapat Koordinasi ini, dilakukan juga penyerahan sertifikat non akademik kompetensi simbolis oleh Rektor Universitas Palangka Raya kepada perwakilan peserta yang lulus mengikuti Ujian Kompetensi CIAR (Cerrtificate International Applied Researcher) dan CIRM (Certified International Risk Management).

Salampak juga menyerahkan peralatan pendukung pembelajaran yaitu berupa 2 unit LCD Proyektor dan 1 unit Laptop kepada masing-masing Program Studi Fakultas di lingkungan Universitas Palangka Raya yang diserahkan kepada Dekan/Wakil Dekan. (rul)

Berita Terkait