Dosen Dapat Menjadi Motivator

Uprjayaraya.com
Palangka Raya
Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr. Andrie Elia, S.E.,M.Si menghimbau kepada seluruh staf dan dosen di Civitas UPR untuk dapat menjadi motivator bagi siswa didiknya, selain sebagi dosen maupun staf saja.

Tentu hal ini penting, karena menurut Andrie Elia, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk dapat menyerap ilmu sebanyak mungkin dan mendapat nilai tinggi, namun bagaimana dosen bisa memberi motivasi dan menularkan semangat tersebut kepada mahasiswanya.

Tujuannya, agar kelak mahasiswa tersebut setelah mengabdikan dirinya, mahasiswa tersebut dapat juga menjadi motivator bagi masyarakat sekitarnya.

“Kita memiliki tanggung jawab untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas. Artinya, lulusan UPR tidak hanya pandai menerapkan ilmu pengetahuannya, tetap juga bisa menjadi motivator, penggagas, mesin penggerak di tengah masyarakat yang menghadapi persoalan. Itulah SDM yang perlahan kita godok,” ujarnya.

Berladang mandiri merupakan salah satu motivasi yang ditunjukan Andrie Elia kepada civitas akademika Universitas Palangka Raya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, tentu perlu di awali dengan tenaga dosen di UPR yang juga harus meningkatkan kemampuannya.

Ditambahkannya bahwa banyak cara yang dapat dilakukan para dosen di UPR untuk mencapai tujuan tersebut, yakni dengan memperbanyak literatur bahan bacaan, menulis buku, melakukan kajian ilmiah, mengembangkan jaringan hingga ketingkat internasional, menggelar diskusi publik, dan lain sebagainya.

“Karena semua berawal dari seorang Dosen yang mengajarkan mahasiswanya. Dosen ini sebagai implementasi dari segudang ilmu dan motivasi yang didapatkan mahasiswanya. Dan diharapkan tidak kaku saat menerapkan sistem perkuliahan, namun tetap pada ranah yang ditetapkan kementrian pendidikan. Karena generasi jaman Now tentu memiliki pola berbeda. Ini tantangan yang dihadapi saya dan dosen lainnya,” katanya.

Andrie Elia meminta kepada mahasiswa yang beruntung diterima berkuliah di UPR, agar selalu semangat mengikuti semua jenjang dan metode perkuliahan yang diberikan dosen. Pria ramah ini juga mengharapkan, mahasiswa juga dapat memberikan masukan kepada dosennya, asalkan hal tersebut untuk kepentingan peningkatan pendidikan, jelasnya. (Li.S)

Berita Terkait