Edukasi Ekonomi Kerakyatan melalui Kopma

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Setelah mendapat bantuan hibah pembangunan Koperasi Mahasiswa (Kopma) Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr. Andrie Elia, SE.,M.Si menekankan bahwa kopma adalah wadah mahasiswa dalam mengembangkan keinginan untuk berwirausaha. Dimana kopma tersebut berbasis perekonomian rakyat.

Melalui kopma tersebut, mahasiswa diharapkan dapat saling membahu membantu dalam pengembangan usaha ekonomi ditingkat mahasiswa.

“Kopma ini berorientasi pada ekonomi kerakyatan. Dan juga sebagai wadah edukasi mahasiswa dalam mengenal bagaimana gerakan koperasi yang sebenarnya yang juga akan bermanfaat bagi mahasiswa juga,” ujar Andrie Elia saat dikonfirmasi melalui pesan WA.

Dia berharap mahasiswa di UPR dapat memanfaatkan kopma untuk mengembangkan usaha ekonominya.

“Bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha, bisa menggunakan kopma. Artinya, kita juga mendorong niat mahasiswa kita yang berkeinginan untuk berwirausaha. Karena ini juga satu dari tujuan UPR, menciptakan SDM yang memiliki kemampuan dan minat lebih untuk dikembangkan,” katanya.

Rektor Universitas Palangka Raya Dr. Andrie Elia S.E.,M.Si (no 4 dari kiri) bersama mahasiswa yang dipercaya mengurus Koperasi Mahasiswa UPR.

Pria yang dikenal dengan julukan macan Kalimantan ini, juga mengajak kepada seluruh civitas UPR, untuk menyatukan persepsi tentang konsep pembangunan ekonomi kemasyarakatan, dan bagaimana mengembangkan SDM di Kalteng secara profesional dan berkualitas.

“Menjadi mahasiswa diharapkan setelah lulus bukan malah menjadi pekerja perusahaan, mengharapkan menjadi PNS atau menunggu adanya lowongan kerja, tetapi bisa membuka lapangan kerja,” himbaunya.

Andrie Elia berharap kreatifitas mahasiswa untuk berkreatifitas membuka pekerjaan dipikirkan sejak menjadi mahasiswa.

Dia juga mengharapkan seluruh tenaga dosen di UPR, agar bisa membantu dan mendorong mahasiswanya untuk menumbuhkan serta mengembangkan kreatifitas, inovasi dan keterampilan bidang usaha untuk membuat terobosan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, terlebih ditengah pandemi covid-19.

“Minimal keterampilan dan terobosan itu bisa membantu diri mahasiswa tersebut dalam menangani persoalan ekonominya. Seperti halnya, mahasiswa itu dapat membayar biaya hidup dan kuliahnya sendiri,” tutupnya. (Rul)

Berita Terkait