Fakultas Hukum UPR dan MK Gelar Kuliah Singkat

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi menyampaikan sambutan saat acara Short Course Constitution, Hak Konstitusional Warga Negara dalam Pemilu Serentak Tahun 2019 di Swissbel Hotel Danum Palangka Raya, Jumat (29/3/2019).

PALANGKA RAYA – Fakultas Hukum Universitas Palangka Raya bersama Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar kuliah singkat tentang hak konstitusi warga negara pada pemilu serentak tahun 2019.

Kepala Bidang Infrastruktur, Jaringan dan Komunikasi, Pusat TIK MK, Mula Pospos SE MM mengatakan, tahun ini kita menghadapi pemilu serentak.

“Serentak antara Pemilu Legislatif serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden atau kita sebut sebagai Pemilu Lima Kotak,” kata Mula Pospos saat acara Short Course Constitution, Hak Konstitusional Warga Negara dalam Pemilu Serentak Tahun 2019 di Swissbel Hotel Danum Palangka Raya, Jumat (29/3/2019).

Ia menjelaskan, pemilu ini pada dasarnya merupakan pesta demokrasi bagi rakyat. Pemilu merupakan momentum bagi rakyat untuk menunjukkan esensialitasnya dalam penyelenggaraan negara.

“Rakyat seharusnya memainkan peran besar dalam menentukan masa depan negara lima tahun ke depan. Sebagaimana esensi demokrasi, sistem politik dan sistem pemerintahan yang kita pilih, yaitu dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat,” jelasnya.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi peserta yang hadir.

Kegiatan tersebut dihadiri Hakim Konstitusi Dr Manahan MP Sitompul SH MHum, Rektor Universitas Palangka Raya Dr Andrie Elia SE MSi, Dekan Fakultas Hukum John Terson SH MHum, wakil dekan dan sejumlah mahasiswa. (yfd/red)

Berita Terkait