FH UPR Apresiasi Usulan DPRD Kalteng Terkait Perda Bantuan Hukum

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Inisiatif kalangan DPRD Kalteng yang berencana mengusulkan adanya Peraturan Daerah (Perda) Bantuan Hukum (Bankum) untuk masyarakat tidak mampu, mendapat apresiasi dari Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr Andrie Elia SE.,M.Si yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Hukum Dr.H. Suriansyah Murhaini, SH.MH.

“Bila memang ada usulan demikian dari kalangan DPRD Kalteng, tentu kita dari kaum akademisi UPR, khususnya dibidang Hukum, sangat mengapresiasi hal itu. Bapak Rektor UPR tentu akan membuka pintu seluas-luasnya bila UPR diminta untuk melakukan kajian untuk naskah akademiknya,” ungkapnya saat dibincangi diruang kerjanya pada Rabu (16/02/2022).

Ditambahkannya bahwa Bankum, terlebih untuk masyarakat kurang mampu adalah usulan positif dan sangat diimpikan.

“Jika memang hal itu terealisasi dan kemudian terbentuk perdanya, maka hal tersebut akan berdampak positif. Karena Perda bantuan hukum itu akan menjadi bukti kemajuan dalam rangka penegakan hukum yang berkeadilan. Pasalnya, masih banyak masyarakat menilai, bahwa jasa pendampingan hukum dan lainnya itu untuk kalangan tertentu yang memiliki ekonomi keatas dan jaringan yang kuat,” katanya.

Dijelaskannya bahwa UPR selaku perguruan tinggi negeri yang memiliki SDM melimpah, dalam hal ini adalah Fakultas Hukum akan dengan maksimal membantu agar hal itu dapat terealisasi,” katanya.

Dalam pembentukan sebuah Perda, lanjutnya terlebih dahulu harus dilakukan kajian-kajian, penelitian dan studi. Terlebih lagi hal itu harus dilakukan bersama masyarakat.

“Karena jika tidak dilakukan dengan baik, seperti asal-asalan melakukan kajian copy paste naskah akademik maka perda tersebut tidak akan bermanfaat,” ujarnya.

Tentu usulan Perda tersebut memiliki tujuan mulia yakni memberikan kesetaraan hak seluruh masyarakat, terlebih yang memerlukan bantuan hukum bagi yang kurang mampu.

“Kita (FH UPR) dari pihak akademisi, tentu lebih mengetahui wilayah kita, karena usulan Perda ini cakupannya Kalteng. Nanti kita ikut memberi sumbangsih kajian yang benar-benar agar hal tersebut segera terealisasi,” pungkasnya. (Li.S)

Berita Terkait