FK UPR Terus Berbenah

Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya (FK UPR) Dr dr H Syamsul Arifin menegaskan, fakultas yang dipimpinnya terus berbenah untuk
mewujudkan visi sebagai salah satu institusi pendidikan yang berkualitas.

“Kami telah melakukan berbagai upaya pengembangan-pengembangan, di antaranya peningkatan status Akreditasi Fakultas Kedokteran menjadi B berdasarkan Akreditasi Program Studi Tahap Sarjana Kedokteran SK Nomor 0422/ LAM-PTKes/Akr/Pro/VIII/2019 dan Program Studi Tahap Profesi SK Nomor 0423/ LAM-PTKes/Akr/Pro/VIII/2019,” kata Syamsul Arifin, kemarin.

Dr dr H Syamsul Arifin

Tidak hanya itu, pengembangan SDM tenaga pendidik terus dilakukan. Saat ini, ada lima tenaga pendidik di FK UPR yang sedang menempuh pendidikan jenjang S3 dan Untuk S2/Spesialis ada empat orang.

“Sekarang dalam proses perintisan kerja sama dengan FK UNHAS untuk percepatan pendidikan S3 para pendidik baik di FK maupun di RS Pendidikan,” kata dia.

Selanjutnya, CBT Center FK UPR telah ditetapkan sebagai Tempat Pelaksanaan ujian CBT UKMPPD Nasional sejak tanggal 7 Oktober 2019, pembangunan kantin dan parkir mahasiswa dari sumbangan para orang tua mahasiswa melalui POTMA FK UPR dan saat ini sedang proses pembangunan.

Kemudian, penyempurnaan pedoman pendidikan profesi FK UPR agar dosen maupun mahasiswa semakin memahami tugas dan fungsi masing-masing.

Hal lainnya yang juga dipersiapkan adalah pemanfaatan dokter spesialis dari FK UPR untuk ikut terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelayanan di RSUD Doris Sylvanus. Selanjutnya, memperluas wahana pendidikan profesi dengan kerja sama dengan RSUD Kapuas sebagai RS Jejaring dan BIDDOKES Polda Kalteng sebagai payung hukum pelaksanaan Kepaniteraan Forensik.

“Program pengembangan masih banyak yang sedang kami rencanakan dalam rangka menerapkan budaya kerja standar akreditasi, bukan budaya kerja karena akreditasi,” ucap Syamsul Arifin. (yfd/red)

 

Berita Terkait