Cetak Prestasi di Tengah Pandemi

Mahasiswa UPR lolos Babak Final LKTIN

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Ditengah Pandemi COVID-19, mahasiswa dituntut tetap dapat mengukir prestasi. Seperti yang baru-baru ini terjadi, tiga mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) berhasil masuk babak final dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Jawa Timur.

Mereka adalah Reliana Romaito Sitinjak, Artha Karunia Gresiana Siregar, dan Midun Efendi Patar Sihombing yang merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Kimia Fakutas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UPR.

Tim yang berhasil membawa nama UPR ke kancah nasional ini dibimbing oleh Dosen Prodi Kimia Fakultas MIPA UPR atas nama Rendy Muhamad Iqbal SSi MSi.

“Kompetisi tingkat nasional ini diikuti oleh 40 tim dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia, dan Universitas Palangka Raya berhasil lolos ke babak final yang terdiri dari enam tim terpilih,” jelas Rendi kepada awak media ini, Selasa (2/11/2021).

Tiga Mahasiswa FMIPA UPR, Reliana Romaito Sitinjak, Artha Karunia Gresiana Siregar, dan Midun Efendi Patar Sihombing yang berhasil meraih juara 3 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional, baru-baru ini

Diungkapkan, akibat masih adanya pandemi Covid-19, kegiatan tersebut terpaksa dilakukan secara online. Presentasi para finalis dilakukan melalui aplikasi zoom. Pada tanggal 31 Oktober 2021, seluruh finalis mengikuti kegiatan presentasi sekaligus tanya jawab oleh juri yang menjadi tombak utama dalam penilaian akhir.

Pengumuman pemenang LKTIN Kimia UNESA 2021 ini akan diumumkan pada tanggal 31 Oktober 2021 melalui postingan akun Instagram Himpunan Mahasiswa Kimia UNESA.

“Hasilnya, Tim Universitas Palangka Raya berhasil meraih penghargaan sebagai Juara 3,” kata Rendy.

Dalam lomba ini, topik karya tulis yang membawa tim UPR mencetak prestasi tersebut adalah “SINTESIS NANO-CaTiO3 DARI CANGKANG KERANG CERITHIDEA OBTUSA UNTUK PRODUKSI GAS HIDROGEN MELALUI MEKANISME PHOTOCATALYTIC WATER SPLITTING SEBAGAI SUMBER ENERGI TERBARUKAN”.

Dosen Prodi Kimia, Rendy Muhamad Iqbal.

Informasi tambahan, Juara 1, Juara 2 dan Best Presentation secara berturut-turut diraih oleh Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Surabaya dan Institut Teknologi Sepuluh November.

Sementara itu Rektor UPR Dr Andrie Elia SE.M.Si sangat mengapresiasi atas prestasi yang dapat raih mahasiswa nya tersebut. Dirinya berharap, informasi keberhasilan mahasiswa dalam bidang akademik maupun non akademik, dapat menjadi magnet dan penyemangat bagi mahasiswa lainnya.

“Ini merupakan kabar yang bahagia. Ditengah pandemi saat ini, mereka lebih semangat dalam mengukir prestasi. Semoga semangat tersebut dapat menular ke mahasiswa UPR lainnya,” ucapnya dalam pesan WA.

Lanjutnya, ia juga mengapresiasi atas dukungan dari setiap dosen pembimbing, yang dapat mengarahkan dan mensupport mahasiswanya untuk bisa berprestasi.

“Sebuah prestasi itu akan diraih dengan kerjasama yang baik. Dosen dan mahasiswa, diharapkan jangan ada kesenjangan. Begitu juga antara pihak fakultas dengan rektorat. Karena kita ini memiliki satu tujuan, yakni mencerdaskan bangsa. Membangun SDM yang dikemudian hari siap melanjutkan pembangunan,” tutupnya singkat. (Rul)

Berita Terkait