FP-UPR Beri Pelatihan SPSS kepada Mahasiswa

Uprjayaraya.com
Palangkaraya,
Laboratorium Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Program Studi Agribisnis mengadakan Pelatihan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) bagi mahasiswa Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian-Universitas Palangka Raya ( UPR), Sabtu(19/11/2022).

Kegiatan digelar dengan latar belakang dan tujuan memperhatikan kurangnya penguasaan mahasiswa Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian FP-UPR dalam hal pengolahan dan analisis data statistik serta implementasi aplikasinya terutama bagi mahasiswa tahap akhir.

Kegiatan yang dibuka Rekor UPR Prof Dr Ir Salampak M.S yang diwakilkan Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Pertanian-UPR Dr. Ir. Nyahu Rumbang M.P.

Nyahu Rumbang berpesan agar peserta dapat mengikuti kegiatan pelatihan dengan sebaik-baiknya dan memanfaatkan kesempatan yang ada untuk lebih memantapkan ilmu yang diberikan.

“Hasil kegiatan pelatihan membantu mahasiswa lebih mahir menggunakan dan mengerti interpretasi data output SPSS untuk analisis data, dan sebagian besar menyatakan banyak ilmu yang dapat diserap dan mendapat pencerahan tidak hanya teori tetapi juga pengoperasian aplikasi SPSS serta interpretasi output software SPSS,” ucapnya.

Selain itu beliau berharap agar kegiatan ini dapat berkontribusi secara langsung dalam mempercepat penyelesaian studi tahap akhir bagi mahasiswa Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Prodi Agribisnis.

Ketua panitia Pelatihan SPSS yang sekaligus sebagai Kepala Laboratorium Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Program Studi Agribisnis FP-UPR Dr. Ir. Yuni Erlina, M.Sc. mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Dekan Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya Dr. Ir. Sosilawaty, M.P serta kepada Ketua Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Prodi Agribisnis Dr. Ir. Eka Nor Taufik, M.P yang sudah merestui dan memberikan dukungan penuh atas terlaksananya kegiatan tersebut.

“Panitia juga mengucapkan terimakasih kepada Dr. Eti Dewi yang memberikan sambutan mewakili jurusan. Tidak lupa ucapan terimakasih kepada seluruh Staf Pengajar Prodi Agribisnis dan HMJ-SEPTA yang sudah bekerja keras dalam kepanitiaan demi terselenggaranya kegiatan ini,” ujarnya.

Disampaikan Yuni, bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu program dari Laboratorium Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Prodi Agribisnis pada semester Ganjil 2022/2023 yang diikuti 40 mahasiswa yang 85 persen hanya mengenal SPSS namun belum menguasainya. Sedangkan 15 persen tidak paham program SPSS.

“Pelatihan ini bertujuan untuk lebih mempersiapkan mahasiswa terkait dengan skill operasional dalam analisis data yang juga banyak digunakan di dunia kerja pada umumnya. Berkaitan dengan hal tersebut, sebagai salah satu program berkelanjutan, Laboratorium Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian bekerjasama dengan HMJ-SEPTA mengadakan pelatihan pengolahan data khususnya SPSS kepada mahasiswa semester akhir dan yang berminat mengikuti kegiatan tersebut,” katanya.

Pemateri kegiatan adalah Dr. Ir. Sunariyo, MP, serta Dr. Tri Prajawahyudo, SP.M.Sc. Keduanya merupakan dosen Mata Kuliah Statistik yang mahir dibidangnya serta menyampaikan materi terkait Statistik Parametrik dan Statistik Non Parametrik, kemudian diikuti dengan praktek analisis data mengunakan SPSS versi 26 serta interpretasi output data statistik. (rul)

Berita Terkait