Ini Fokus Penelitian Pertanian di Lahan Gambut

Ir Cakra Birawa MP

PALANGKA RAYA – Hasil penelitian lahan gambut berkelanjutan yang dilakukan Universitas Palangka Raya (UPR) bekerja sama dengan Universitas Nottingham dan Universitas Leicester, Inggris, memiliki sejumlah fokus utama untuk sektor pertanian di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Informasi dari penelitian itu, dimaksudkan agar dapat membantu merumuskan strategi yang dapat membuat pertanian di daerah-daerah fokus penelitian lebih tangguh dan berkelanjutan,” ujar Dekan Faperta UPR Ir Cakra Birawa MP, Rabu (20/3/2019).

Bahkan hasil dari penelitian, digunakan sebagai dasar untuk rekomendasi pilihan-pilihan kebijakan terpadu. Selain itu, juga digunakan sebagai langkah-langkah menuju pertanian kecil yang lebih tangguh dan keberlanjutan pada lahan-lahan gambut di Kalteng.

Seperti diketahui, kegiatan penelitian di lahan gambut merupakan bagian dari proyek penelitian lahan gambut berkelanjutan.

Tak tanggung-tanggung, kegiatan itu didanai oleh Dewan Riset Bioteknologi dan Ilmu Biologi, Britania Raya.

“Inti dari penelitian yang dilakukan, yaitu mempelajari keberlanjutan ekosistem gambut dan keberlanjutan ekonomi dari penggunaan lahan gambut. Terutama bagi petani kecil (smallholder) di Kalteng,” tutup Cakra Birawa MP. (il/red)

Berita Terkait