Hari Pendidikan Nasional

Rektor UPR : Kerja Keras, Cerdas dan Ikhlas, selalu berorientasi pada pengabdian dan pelayanan

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 Tanggal 13 Mei 2022, Universitas Palangka Raya (UPR) melaksanakan upacara peringatan di halaman kantor Rektorat pada 13 Mei 2022.

Pelaksanaan ini digelar menyesuaikan hari libur dan cuti bersama Idul Fitri 1443 Hijriyah.
Bertindak sebagai pembina upacara, Rektor Universitas Palangka Raya, Dr. Andrie Elia, S.E, M.Si yang menyampaikan bahwa civitas UPR harus memiliki jiwa visioner dalam menjalankan amanah.

Terlebih kepada PNS di lingkungan UPR, wajib memegang teguh sumpah dan janji dengan berlandaskan hal ini.

“Landaskan pada Kerja Keras, kerja cerdas dan Ikhlas, selalu berorientasi pada pengabdian dan pelayanan,” tegas Andrie Elia saat memberikan arahannya kepada peserta upacara yang didominasi PNS, CPNS dan tenaga kontrak.

Andrie Elia yang mengenakan batik adat daerah Kalimantan Tengah, membacakan sambutan Menteri Pendidikan yang menyampaikan tema peringatan Hardiknas 2022 yakni ‘Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar’.

“Kemendikbudristek terus melakukan berbagai terobosan dalam Merdeka Belajar yang menghasilkan perubahan positif. Capaian tersebut tidak hanya dirasakan oleh para orang tua dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke Negara-negara lain melalui presidensi tinggi G20”.

Sambutan Menteri Pendidikan yang dibacakan tersebut mengungkapkan bahwa kondisi yang dihadapi Indonesia saat ini ibarat sebuah kapal yang dihantam ombak yang sangat besar. Ombak yang dimaksud adalah pandemi Covid-19. Sehingga setiap aksi kerja dalam peningkatan pembangunan SDM harus di berdasarkan prokol kesehatan dan terbatas. Selain itu, kolaborasi diperlukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

“Di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar, yang di tahun ketiga ini telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia. Hingga tahun ketiga pandemi, pembangunan SDM untuk mencapai kesejahteraan harus terus ditingkatkan,” katanya.

Sedangkan momen upacara memiliki nilai yakni menanamkan jiwa kebangsaan, terlebih setelah selama dua tahun ini tidak dapat melaksanakan dikarenakan pandemi covid 19.

Pada kesempatan ini Andrie Elia juga menyampaikan CASN formasi tahun 2021 untuk selalu menanamkan sikap Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas dan selalu berorientasi pada pengabdian dan pelayanan.

Pelaksanaan Upacara ini sendiri diikuti oleh jajaran pimpinan Rektorat Universitas, Dekan Fakultas, Direktur/Ketua Lembaga, Kepala UPT, Tenaga Pendidik, Tenaga Kontrak, Dharma Wanita Persatuan, serta Calon Aparatur Sipil Negara Formasi Tahun 2021 dengan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat, mengingat wilayah Palangka Raya masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2. (Rul)

Berita Terkait