Mahasiswa dapat Bekerja maupun Berinvestasi di Bursa Saham

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Baru baru ini wartawan uprjayaraya.com Sjarifuddin mewancarai Kepala Stock Exchange Kalimantan Tengah Stephanus Cahyo Adiraya dengan cara wawancara dan pertanyaan tertulis. Berikut hasil wawancara tersebut yang diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa:

Apa tugas dan tanggung jawab Bursa Efek Indonesia?

BEI memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyelenggarakan perdagangan efek yang teratur wajar dan efisien, menyediakan sarana pendukung serta mengawasi kegiatan anggota bursa efek, menyusun rancangan anggaran tahunan dan pengunaan laba Bursa Efek dan melaporkannya ke OJK. Selain itu tugas bursa lainnya adalah menjaga kelangsungan pasar (market liquidity) dan menciptakan harga efek yang wajar.

Bagaimana status pegawainya?

Status pegawainya adalah karyawan swasta, dikarenakan Bursa Efek Indonesia bukan merupakan badan usaha milik negara melainkan perusahaan swasta dimana para pemegang sahamnya adalah perusahaan-perusahaan efek yang menjadi anggota Bursa Efek Indonesia.

Apakah untuk menjadi pegawainya harus sarjana hukum atau ekonomi-bisnis?

Tidak harus, yang penting memiliki kompetensi sesuai yang diminta untuk lowongan pekerjaan dari masing-masing divisi. Saat ini dalam struktur organisasi BEI terdapat 6 Direktorat yang membawahi 22 divisi. Yang paling utama adalah memiliki kompetensi di bidang pasar modal yang dibuktikan minimal dengan sudah lulus ujian sertifikasi Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE).

Sebagai contoh, mas Randy Perdana staf trainer KP BEI Kalteng merupakan lulusan dari jurusan matematika UPR.

Apa persyaratan yang harus dipenuhi bila ingin menjadi pegawai BEI?

Untuk persyaratan umumnya adalah
– Lulusan dari universitas dengan minimal IPK 3,00.
– Memiliki kemampuan komunikasi yang baik (bahasa Indonesia & Bahasa Inggris), baik secara lisan maupun tulisan.
– Mampu mengoperasikan computer (Microsoft Office) Memiliki nilai Teamwork, Integrity, Professionalism & Service Excellence.

Sedangkan persyaratan lainnya bisa dilihat di website www.idx.co.id di bagian karir untuk masing-masing posisi yang akan dilamar. Sebagai informasi, saat ini BEI masih membuka lowongan untuk beberapa posisi yang bisa dilihat di website.

Apakah ada pendidikan lanjutan yang diberikan BEI?

Setiap tahun BEI selalu menganggarkan untuk program Learning & Development bagi semua karyawan, dan karyawan wajib mengajukan program-program training atau kursus-kursus untuk meningkatkan kompetensi dalam bidangnya masing-masing. Selain itu  divisi SDM juga sering menyelenggarakan training-training maupun sharing session yang bias diikuti oleh semua karyawan.

Apakah bila lulus harus berdomisili di Jakarta?

Tergantung divisi mana yang di-apply. Apabila mengajukan lamaran di Divisi Pengembangan Pasar (PSR) untuk posisi di Kantor Perwakilan, harus siap ditempatkan di seluruh Indonesia. Namun untuk divisi lainnya, semuanya berdomisili di Jakarta.

Bisa dijelaskan manfaat membeli saham sebagai alat investasi bagi mahasiswa?

Saham merupakan bukti kepemilikan dari suatu perusahaan. Jadi apabila kita membeli saham suatu perusahaan yang ditransaksikan di BEI, artinya kita ikut menjadi salah satu pemilik dari perusahaan tersebut. Apabila perusahaan tersebut berkembang, harga sahamnya pasti akan naik dan sebagian keuntungannya akan dibagian kepada para pemegang sahamnya dalam bentuk dividen. Untuk bisa membeli saham yang ditransaksikan di BEI cukup mudah, hanya bermodalkan copy KTP, copy buku tabungan serta setoran dana awal sebesar Rp100.000 teman-teman mahasiswa sudah bisa membuka rekening dan membeli saham yang diinginkan. Modalnya juga tidak terlalu besar karena untuk membeli saham di BEI minimal sejumlah 1 lot (setara dengan 100 lembar). Jadi dengan dana Rp100.000 tadi sudah bisa digunakan untuk membeli saham dengan harga dibawah Rp1.000 per lembar saham. Namun harus selalu diperhatikan bahwa yang namanya investasi selalu ada risikonya. Investasi saham juga mengandung risiko, misalnya jika saham yg kita beli harganya turun atau perusahaan yang sahamnya kita beli mengalami kesulitan keuangan hingga akhirnya bangkrut. Oleh karena itu sebelum berinvestasi harus dipelajari dahulu produk-produk dimana kita mau berinvestasi. BEI rutin menyelenggarakan Sekolah Pasar Modal (SPM) bagi siapa saja yang mau mulai untuk berinvestasi di pasar modal. Selain itu ada juga kelas-kelas lanjutan mengenai analisa fundamental, teknikal maupun tips dan trik dalam berinvestasi saham yang bisa diikuti secara gratis. Untuk jadwal SPM dan kelas-kelas lanjutannya bisa dilihat di Instagram @idx_kalteng.

Apakah benar dana yang digunakan membeli saham adalah dana yang sengaja disisihkan/tidak terpakai?

Sebaiknya dalam berinvestasi apapun selalu gunakan uang dingin atau dana yang tidak digunakan untuk kebutuhan apapun. Tujuannya adalah, apabila terjadi sesuatu dengan investasi kita, tidak mengganggu cashflow untuk kebutuhan-kebutuhan kita.

Berapa persen Return on Investment (ROI) dalam waktu setahun?

Untuk ROI tidak bisa dipastikan karena yang namanya investasi selalu mengandung ketidakpastian dikarenakan adanya risiko. Ada beberapa saham yang dalam waktu singkat bisa naik sampai puluhan persen, namun ada pula saham yang justru harganya malah turun. Yang jelas sebagai seorang investor kita harus banyak belajar dan terus menerus belajar supaya kita bisa memilih saham-saham yang memiliki performa yang bagus sehingga nilai investasi kita meningkat.

Stephanus Cahyo Adiraja
cahyokrist@gmail.com
stephanus.kristiadi@idx.co.id

Address
Jl. Antang Kompleks P3S no. 23, Palangka Raya

Office
Indonesia Stock Exchange – Central Kalimantan Representative Office
Jl. RTA Milono Km. 2,5, Palangka Raya
0536-4215122 (phone)
0536-4250575 (fax)
087 8877 36376 (mobile)

Working Experience
Head of Indonesia Stock Exchange Representative Office – Central Kalimantan
October 2016 – Present
Head of Indonesia Stock Exchange Representative Office – Semarang
May 2011 – October 2016
Account Officer/Equity Sales at PT Indo Premier Securities
October 2006 – April 2011
Dealer/Executor at PT Trimegah Securities, Tbk
September 2004 – October 2006
Dealer – Fixed Income Sales at PT Sarijaya Securities
May 2000 – August 2004

Formal Educational Background
Diponegoro University, Semarang – Master of Management
Postgraduate Degree in Finance
2013 – 2018
Atma Jaya Yogyakarta University, Yogyakarta
Undergraduate Degree in Financial Management
1993 – 1999
Kolese Loyola High School, Semarang
1989 – 1993
Pangudi Luhur Bintang Laut Junior High School, Surakarta
1986 – 1989
Pangudi Luhur Elementary School, Surakarta
1980 – 1986

Skills
Capital Market
Have a Broker-Dealer Representative Certificate from Bapepam-LK
Have an Underwriter Representative Certificate from Bapepam-LK
Public Speaking

Berita Terkait