Perkuliahan Daring Lebih Diminati Mahasiswa

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Selama berlangsungnya Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), tidak sedikit Instansi maupun lembaga yang beradaptasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi berbasis digital, tanpa terkecuali dunia pendidikan khususnya di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Seperti yang dilaksanakan Universitas Palangka Raya (UPR) dalam menjalankan kegiatan akademik, baik administrasi maupun perkuliahan. Dimana UPR menerapkan sistem Hybrid yang memadukan antara daring dan luring.

Hal ini disampaikan Rektor Universitas Palangka Raya Dr Andrie Elia SE.M.Si saat dibincangi ditengah kesibukannya belum lama ini.

Menurutnya, tahap awal penerapan sistem Hybrid selama berlangsungnya kegiatan perkuliahan mahasiswa, banyak yang sulit beradaptasi terutama saat perkuliahan secara daring.

Namun seiring berjalannya waktu, perkuliahan sistem daring justru lebih diminati oleh mahasiswa dibandingkan perkuliahan tatap muka atau sistem luring. Hal tersebut dikarenakan para mahasiswa tetap bisa mengikuti perkuliahan dimana saja dan kapan saja, tanpa harus khawatir dengan pandemi Covid-19.

“Dari pantauan kami selama ini, justru mahasiswa cenderung menyukai perkuliahan dengan sistem daring dibandingkan luring. Memang pada awalnya mereka agak kesulitan beradaptasi, namun lama-kelamaan mereka justru memilih kuliah dengan sistem daring karena bisa mengikuti perkuliahan dimana saja dan kapan saja melalui aplikasi Zoom, selama mereka berada didaerah yang masuk dalam jangkauan Internet,” ucapnya.

Kendati demikian, ia bersama unsur pimpinan UPR telah menggelar rapat sekaligus memutuskan bahwa ditahun 2022, UPR tetap menerapkan sistem Hybrid dalam perkuliahan mahasiswa, namun dengan mengedepankan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat.

“Kita sepakat bahwa di tahun 2022, UPR tetap menerapkan sistem perkuliahan secara hybrid dengan prokes secara ketat. Mengingat saat ini kita masih diliputi Pandemi Covid-19. Apalagi ada beberapa Fakultas dan Prodi yang harus melaksanakan kuliah secara tatap muka, misalnya di Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Teknik (FT),” pungkasnya. (Rul)

Berita Terkait