Persempit Ruang Gerak Oknum

UPR Dukung Penggunaan Aplikasi Saber Pungli UPP Kalteng

 

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Melalui surat Edaran Nomor:2443/UN24/HK/2021, Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr. Andrie Elia, S.E., M.Si. menyampaikan bahwa Satgas Pungli UPP Provinsi Kalimantan Tengah telah memiliki satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melaporkan tindak kejahatan pungli.

“Nama Aplikasi tersebut adalah saber Pungli UPP Kalteng yang berbasis android. Dan aplikasi ini dapat di download di google play store oleh masyarakat umum,” ungkapnya Senin (03/05/2021).

Dijelaskan bahwa aplikasi tersebut di buat untuk mempermudah masyarakat dalam memberikan laporan bila mengetahui, melihat dan mengalami sendiri adanya pungli disekitarnya. Disatu sisi, aplikasi ini untuk mempersempit ruang gerak oknum nakal suka menerapkan pungutan diluar ketentuan.

Ditambahkannya bahwa di era digital dan revolusi industri 4.0, penggunaan aplikasi berbasis IT adalah ide yang kreatif. Terlebih aplikasi tersebut dengan tujuan memberantas segala aktivitas yang dapat merugikan masyarakat dan pemerintah. Satu diantaranya pungli.

“Sektor pendidikan sangat rawan di manfaatkan orang tidak bertanggungjawab untuk mencari keuntungan sendiri. Seperti pungli. Selain itu pelayanan publik, penegakan hukum, perizinan, pendidikan, pengadaan barang dan jasa. Oleh itu kami sangat mendukung hadirnya aplikasi ini,” kata Macan Kalimantan, gelar yang disematkan kepada Andrie Elia oleh rekan sesama rektor.

Andrie Elia menghimbau kepada seluruh civitas UPR, untuk mendownload aplikasi tersebut dan mempelajari penggunaannya. Maksudnya, bisa digunakan untuk membantu masyarakat yang gagap teknologi, untuk memberikan laporan terjadinya pungli. (Rul)

Berita Terkait