PPs-UPR Kembali Luluskan Gelar Doktor

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPs-UPR) kembali memberikan gelar Doktoral kepada lulusan terbaiknya. Kali ini gelar itu diberikan kepada Promovenda Dra Lilis Suriani, M.M., MM.RS., yang merupakan mahasiswa Prodi Doktor Ilmu Lingkungan PPs-UPR, dengan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) CFA 316 017.

Wanita yang menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan tersebut menjadi lulusan ke-10 dalam program pascasarjana PPs-UPR, yang digelar secara online (daring, red) dan pertemuan secara terbatas (luring, red) berlangsung di Aula Rahan Lantai II Gedung Rektorat UPR, Senin (19/4/2021) siang.

Dalam sidang promosi doktor, Promovenda Dra. Lilis Suriani, M.M., M.M.RS., diberikan kesempatan untuk memaparkan hasil penelitian Disertasi yang berjudul ‘Dampak Asap Akibat Kebakaran Lahan dan Hutan Terhadap Kesehatan Masyarakat di Kalimantan Tengah’.

“Berdasarkan hasil kompilasi final akhir tertuang pada Berita Acara (BA) maka ditetapkan bahwa Promovenda Dra. Lilis Suriani, telah dinyatakan lulus, memperoleh nila rata-rata 87,64, dengan Predikat Sangat Memuaskan, IPK 4,00 masa studi 9 Semester 4 Bulan atau 4 Tahun 4 Bulan,” ucap Rektor UPR Dr. Andrie Elia selaku Ketua sidang Promosi.

Lilis berhasil mempertahankan penelitian Disertasinya dihadapan penguji. Yang mana juga turut menguji Direktur PPs-UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang. Sementara itu UPR menyertakan penguji Luar Perguruan Tinggi yakni Prof. Dr. rer. soz. Nusyirwan Effendi yang merupakan Guru Besar yang menjabat Direktur Program Pascasarjana Universitas Andalas (UNAND) Padang Sumatera Barat.

“Beliau juga menjawab semua pertanyaan penguji dengan baik,” kata Andrie Elia.

“Setelah dinyatakan lulus, maka selanjutnya yang bersangkutan layak menyandang gelar Doktor, pada keputusan akhir tertuang di Berita Acara yang saya bacakan hari ini. Dan, perlu diingat bahwa saya lah orang pertama kalinya yang menyebutkan nama dan gelar Promovenda Terpelajar ini secara lengkap yakni Dr. Dra. Lilis Suriani, M.M., M.M.RS.,” ucap Dr. Andrie Elia selaku Ketua Sidang Promosi Doktor.

Usai dinyatakan berhak menyandang gelar doktor, Rektor berpesan kepada Dr. Dra. Lilis Suriani, agar dapat terus mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah didapat.

“Dimana, gelar Doktor merupakan suatu gelar tertinggi yang diraih dalam suatu proses pendidik di suatu perguruan tinggi,” pesannya.

“Inilah bentuk komitmen kami, sebagai institusi Pendidikan Tinggi, dalam mempersiapkan SDM yang Unggul dan memiliki daya saing tinggi, terutama yang berasal dari Putra Putri terbaik Kalimantan Tengah,” ujar Andrie Elia. (Li.S)

Berita Terkait