Rektor UPR Pimpin Upacara Bendera HUT RI-77

Uprjayaraya.com

Palangka Raya,
Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia digelar di halaman Rektorat Universitas Palangka Raya (UPR), Rabu (17/8/2022).

Upacara ini dipimpin langsung Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi diikuti semua Wakil Rektor, para pejabat Rektorat, Dekan dan Wakil Dekan, unsur pimpinan fakultas, para dosen dan mahasiswa, Pramuka, Resimen Mahasiswa, serta Dharma Wanita Persatuan (DWP) UPR. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim MBA dalam sambutannya, mengatakan, semangat perjuangan kemerdekaan saat ini sedang kita buktikan bersama melalui Presidensi G20 Tahun 2022. Peran besar Kemendikbudristek adalah menggalang kolaborasi global untuk bergotong royong memulihkan dan membangkitkan sistem pendidikan.

“Kita telah memberikan contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar,” kata Menteri dalam sambutan tertulis yang dibaca Rektor UPR Dr Andrie Elia.

Di samping itu, lanjutnya, kita juga telah memberikan bukti upaya untuk memperluas akses pendidikan berkualitas dapat dilakukan melalui terobosan mekanisme Bantuan Operasional Sekolah dan berbagai dukungan program beasiswa.

“Kita juga telah meyakinkan dunia bahwa generasi muda Indonesia telah terlatih dengan dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat, yang bekalnya diperoleh sejak di bangku kuliah melalui berbagai program belajar di luar kampus yang terhimpun dalam Kampus Merdeka,” jelasnya.

Di sektor kebudayaan, Kemendikbudristek dalam forum G20 mendorong negara-negara di dunia untuk menghadirkan dukungan pendanaan bagi seniman dan pelaku budaya agar dapat kembali menginspirasi dengan karya-karya terbaiknya khususnya di masa pasca pandemi.

“Masih banyak lagi episode Merdeka Belajar yang akan kami luncurkan sampai semua anak di seluruh Indonesia merasakan kemerdekaan yang sebenarnya, yaitu belajar dengan bahagia, berkarya tanpa hambatan, berlari menuju masa depan dengan penuh keberanian sebagai Pelajar Pancasila,” kata Menteri.

Pada rangkaian upacara ini, Rektor UPR Dr Andrie Elia juga menyerahkan Penghargaan Satyalancana Karya Satya X, XX dan XXX Tahun kepada 58 orang ASN di lingkungan UPR. (rul)

Berita Terkait