130 Orang Ikuti MTQ Mahasiswa UPR 2019

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UPR, Dr Suriansyah Murhaimi SH MH, melantik Dewan Juri MTQ Mahasiswa UPR 2019 di Aula Rahan UPR, Jumat (12/4/2019).

PALANGKA RAYA – 130 mahasiswa berbagai fakultas di Universitas Palangka Raya (UPR), mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa UPR 2019. MTQ ini sekaligus untuk menyeleksi peserta perwakilan UPR mengikuti kegiatan serupa tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, pada Juli – Agustus 2019 mendatang.

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi melalui Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr Suriansyah Murhaimi SH MH, dalam arahannya pada pembukaan MTQ Mahasiswa UPR 2019, Jumat (12/4/2019), mengaku memiliki harapan besar kegiatan yang menjadi tradisi dua tahunan sekali ini, selalu berkembang dan tambah menarik, baik dari segi syiar maupun kualitas penyelenggaraannya.

“Saya juga mempunyai harapan bahwa keberadaan MTQ Mahasiswa ini mampu membawa perubahan sikap mahasiswa dan mampu membawa perubahan sikap mahasiswa Muslim, serta seluruh Civitas Akademika UPR menjadi lebih baik dan berakhlakul karimah,” katanya.

Perlu diingat, bahwa tujuan dan makna kegiatan MTQ tidak semata-mata kompetisi. Prestasi memang tujuan, tetapi tujuan utamanya adalah syiar dan dakwah tentang bagaimana membumikan Alqur’an.

Pasalnya sebagai Muslim, tambah Suriansyah, harus menjadikan Alqur’an sebagai nafas, pegangan hidup, dan kepribadian. Karenanya, hakikat, makna, dan tujuan MTQ harus dipegang teguh. Sehingga Alqur’an benar-benar diresapi, dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh sebab itu, jika menggaungkan Alqur’an, maka sebenarnya sedang menggaungkan nilai-nilai kemanusiaan, kesalehan sosial, maupun nilai-nilai yang mengutamakan pembelaan pada yang lemah, fakir, serta pembelaan pada yang miskin.

“Untuk itu, sudah saatnya Indonesia menjadi sumber pemikiran Islam dunia, sumber pembelajaran Islam dunia. Dan ini, harus kita awali dari kampus kita tercinta,” ungkap Suriansyah.

Untuk diketahui, pelaksanaan MTQ Mahasiswa UPR 2019 dilaksanakan pada 12 sampai 14 April 2019, dengan 10 cabang perlombaan. Hasil dari kegiatan tersebut, kemudian akan diikutsertakan dalam pelaksanaan MTQ Mahasiswa Nasional, di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, pada 28 Juli sampai 4 Agustus 2019 mendatang. (il/red)

Berita Terkait