Bupati/Wali Kota Diminta Serius Dukung Peningkatan SDM

Berikan Beasiswa Bidikmisi

Dr Andrie Elia SE MSi

PALANGKA RAYA – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr Andrie Elia SE MSi meminta kepada semua Bupati/Wali Kota se-Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk terus memperhatikan upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) khususnya di daerahnya masing-masing. Salah satunya dengan mengalokasikan Beasiswa Bidikmisi bagi putra putri setempat agar bisa menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

“Dalam kebijakannya, Bupati dan Wali Kota punya kewenangan untuk mengarahkan peningkatan SDM, salah satunya memberikan Beasiswa Bidikmisi untuk anak-anak daerah mereka sendiri agar bisa kuliah,” kata Andrie Elia usai melepas keberangkatan ribuan peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik UPR di Palangka Raya, Rabu (12/6/2019).

Semestinya, tandas Rektor, dari semua kabupaten/kota ada Beasiswa Bidikmisi kepada putra putri asal daerah setempat untuk menikmati pendidikan perguruan tinggi. Hal ini mengacu kepada Undang-Undang (UU) Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.

“Serius memperhatikan peningkatan pendidikan adalah salah satu cara kita untuk Manggatang Utus Dayak,” tegas Andrie Elia.

Selama ini, ungkap Rektor, Beasiswa Bidikmisi hanya ada dari pusat. Tetapi jumlahnya sangat terbatas. Sehingga kemudian Gubernur Kalteng Sugianto Sabran memberikan Beasiswa Bidikmisi untuk 250 orang warga Kalteng, yang total nilainya Rp12 miliar lebih. Nah, kebijakan Gubernur Kalteng ini, diharapkan bisa diikuti oleh Bupati/Wali Kota se-Kalteng dengan mengalokasikan Beasiswa Bidikmisi bagi putra putri asal daerahnya.

“Kalau dari tiap kabupaten/kota ada Beasiswa Bidikmisi, misalnya 250 orang, maka dari Kalteng saja sudah ada 3.500 orang yang bisa kuliah. Atau, misalnya 100 Bidikmisi dari kabupaten/kota, itu sudah bagus. Karena sesuai UU Sistem Pendidikan Nasional, sudah jelas 20 persen dari APBD untuk pendidikan, dan itu semestinya mendapat perhatian serius dari para kepala daerah,” terang Rektor UPR.

Selama ini, ungkapnya, belum ada Bupati/Wali Kota di Kalteng yang menganggarkan Beasiswa Bidikmisi di perguruan tinggi. Padahal, SDM berpendidikan S1 juga ikut meningkatkan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di daerah kita.

Untuk diketahui, Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi, tapi memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi.(mz/red)

Berita Terkait