Ini Jadwal Pelaksanaan UTBK

ilustrasi

Peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) tahun 2019, sesuai ketentuan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), diwajibkan untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Berdasarkan data yang didapat dari tim sosialisasi UTBK Universitas Palangka Raya (UPR) ujian ini dijadwalkan dibuka 1 Maret-1 April 2019. Ujian akan diselenggarakan pada 13 Apri l- 26 Mei 2019, setiap hari Sabtu dan Minggu. Sementara untuk pengumuman hasil tes akan dikeluarkan maksimal 10 hari setelah pelaksanaan tes.

Berikut jadwal UTBK 2019:
1. Pendaftaran UTBK: 1 Maret – 1 April 2019
2. Pelaksanaan UTBK: 13 April – 26 Mei 2019
3. Pengumuman Hasil UTBK: Paling lambat 10 hari setelah pelaksanaan UTBK.

Penyelenggaraan UTBK 2019:
1. Pada hari Sabtu dan Minggu, sebanyak 10 kali.
2. Setiap hari terdapat dua sesi tes, yaitu pagi dan siang sebanyak 20 sesi (kecuali hari libur nasional).

Tahapan UTBK:
1. Mendaftar melalui laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id menggunakan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) untuk mendapatkan username dan password.
2. Mengunggah pas foto berwarna terbaru, mengisi data, memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.
3. Membayar di Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar Bidikmisi. Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1×24 jam.
4. Melakukan login ke laman pendaftaran untuk mencetak kartu peserta UTBK.
5. Mengikuti UTBK sesuai hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.(mz/redaksi)

Berita Terkait