Pendaftaran UTBK Meliputi Dua Tahapan

Ratusan pelajar menengah atas saat mengikuti sosialisasi masuk Perguruan Tinggi Negeri yang digelar tim pelaksana UTBK dari Universitas Palangka Raya, Jumat (8/3/2019).

PALANGKA RAYA – Dalam Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang digelar Tim Pelaksana Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dari Universitas Palangka Raya (UPR), dijelaskan bahwa UTBK adalah sebuah ujian masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan secara elektronik. Tentu saja UTBK ini menggunakan perangkat komputer dan bersifat wajib diikuti oleh setiap calon peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

Sosialisasi yang dipimpin koordinator pelaksana Iring SE MSi ini dilaksanakan di Aula Harati, lingkup Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng di Palangka Raya, Jumat (8/3/2019). Kegiatan ini diikuti ratusan pelajar SMA/SMK/MA/sederajat di wilayah Kota Palangka Raya.

Pendaftaran UTBK meliputi dua tahapan. Gelombang pertama tanggal 01-24 Maret 2019 dan gelombang kedua pada 25 Maret-01 April 2019.

Waktu pelaksanaan tes untuk peserta pendaftar gelombang pertama tanggal 13 April – 4 Mei 2019. Sedangkan waktu pelaksanaan tes untuk peserta pendaftar gelombang kedua ditetapkan tanggal 11–26 Mei 2019.

Pendaftaran dilakukan oleh peserta ke laman https://pendaftaran-utbk.SBMPTN 2019.ac.id dengan memasukkan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password.

Tim pelaksana memaparkan, bahwa terdapat dua jenis tes yang tersedia dalam UTBK, yakni kelompok Sains dan Teknik (Saintek) dan Sosial Humaniora (Soshum). Sedangkan syarat pendaftarannya terdiri dari:
1. Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2019 atau peserta didik Paket C tahun 2019.
2. Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2017 dan 2018 atau lulusan Paket C tahun 2017 dan 2018.
3. Peserta diperbolehkan mengikuti tes maksimum dua kali dengan ketentuan sebagai berikut:
a. UTBK kelompok Saintek satu kali dan/atau kelompok Soshum satu kali, atau kelompok Saintek dua kali; atau Kelompok Soshum dua kali.
b. Hasil UTBK hanya berlaku untuk penerimaan tahun 2019.
4. Membayar biaya UTBK sebesar Rp200.000 untuk sekali tes dan dibayar melalui bank yang telah ditunjuk.

“Setiap peserta bisa mengikuti tes sebanyak dua kali, baik di jenis yang sama maupun berbeda,” jelas tim.(mz/redaksi)

Berita Terkait