Sandang Status BLU, UPR Gelar Rapat Koordinasi

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Universitas Palangka Raya (UPR) menggelar rapat koordinasi dengan Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah pekan lalu di Aula Rahan Lantai 2 Gedung Rektorat UPR. Dalam kegiatan tersebut, Rektor UPR Prof Dr Ir Salampak menyampaikan bahwa penetapan UPR sebagai Badan Layanan Umum (BLU) yang ditetapkan dengan peraturan Menteri Keuangan dengan nomor 495/KMK.05/2022 tanggal 15 Desember 2022 hendaknya menjadikan semua unsur dan tenaga kependidikan merubah mindset dan pola kerja kearah kinerja.

Turut hadir dalam rapat koordinasi yakni unsur pimpinan Senat, pimpinan di Dekanat, Ketua Prodi, Ketua Lembaga, Kepala Biro serta seluruh pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Universitas Palangka Raya.

“Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mendorong semua PTN Satker untuk berubah menggunakan pola keuangan BLU dalam rangka mempercepat program Kementerian seperti Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dan mempercepat pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU),” katanya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah, Hari Utomo, S.E., M.M, turut memberikan penjelasan, dirinya menyampaikan bahwa alasan utama penetapan BLU untuk UPR adalah dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Ini dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanat Undang-Undang. Selain itu menyampaikan arahan dari Menteri Keuangan, bahwa PTN yang telah ditetapkan sebagai BLU harus dapat mengelola asetnya agar produktif, kolaborasi antar BLU perlu dilakukan seperti saling meminjamkan aset yang dimilikinya. Pemanfaatan aset bisa menghasilkan uang, bukan untuk keuntungan, tetapi untuk meningkatkan produktivitas aset kedepannya,” ujar Hari. (rul)

Berita Terkait