Sari Marlina Raih Gelar Doktor murni jebolan UPR

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Sari Marlina berhak menyandang gelar Doktor. Mahasiswa dengan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) CFA 318 007 ini adalah mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan angkatan tahun masuk 2018 Universitas Palangka Raya (UPR).

Sari Marlina merupakan mahasiswa S3 murni jebolan UPR karena dosen Universitas Muhammadiyah ini menempuh jenjang pendidikan mulai S1 hingga S3 di UPR.

“Ibu Sari Marlina ini adalah Doktor cetakan pertama murni dari UPR. Dan saya bangga menyampaikan hal ini. Selamat dan Terima kasih. Semoga beliau dapat memanfaatkan ilmunya untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkap Rektor UPR Dr. Andrie Elia, S.E. M.Si usai menggelar kegiatan promosi Doktoral di Aula Rahan pada Senin (08/03/2021).

Sementara itu, Sari Mulia yang telah dinyatakan lulus dalam ujian promosi Doktoral Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana (PPs) UPR, mendapatkan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) sangat memuaskan atau Cumlaude.

Tim penguji sidang promosi Doktoral ini adalah Rektor UPR Dr. Andrie Elia dan Sekretaris Komisi Sidang/Penguji Luar Komisi III yang juga selaku Direktur PPs-UPR Prof.Ir. Yetrie Ludang, MP.

Selain itu Prof Bambang S Lautt sebagai Promotor, Dr. Aswin Usup sebagai Co-Promotor I, Dr. Revi Sunaryati sebagai Co-Promotor II, Dr. Yuni Erlina sebagai Penguji Luar Komisi I dan Dr. Heriamariaty sebagai Penguji Luar Komisi II.

Kemudian adapula Prof. Hidayat sebagai Penguji Luar Perguruan Tinggi yang juga selaku Direktur Program Pascasarjana Universitas Tanjungpura Pontianak.

Dr. Sari Marlina (kedua dari kiri) didampingi Direktur Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya, Prof.Ir. Yetrie Ludang, MP.

Direktur PPs UPR, Yetrie Ludang mengatakan, Sidang Promosi Doktor Sari Marlina yang digelar PPsh-UPR, merupakan salah satu wujud nyata, mencetak lulusan yang memiliki mutu, kualitas, kompetensi, inovatif dan daya saing tinggi.

“Terus terang dengan selesainya sidang Doktoral ibu Sari Marlina, merupakan bukti bahwa UPR memiliki lulusan bergelar doktor. Harapan saya semoga beliau dapat berbakti kepada masyarakat,” ujarnya singkat.

Sementara itu, Sari Marlina adalah angkatan 2018 di PPS UPR, berhasil menyelesaikan pendidikannya Doktoralnya dalam 2 Tahun 7 Bulan. Beliau membawa disertasi dengan judul Peranan Gender Dalam Menghadapi Dampak Perubahan Iklim di Kalimantan Tengah.

“Dalam fokus disertasi saya, meneliti dan mengkaji bagiamana peran gender dalam hal ini wanita yang berperan dalam pelestarian lingkungan khususnya dampak dari perubahan iklim. Contohnya aktivitas ibu rumah tangga dalam menjaga lingkungan, ketahanan pangan dan mencetak generasi bangsa dengan memberikan edukasi kepada anak untuk sadar menjaga lingkungan,” ucapnya saat dibincangi usai kegiatan.

Dijelaskannya bahwa dalam disertasi tersebut, dirinya melakukan penelitian di Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas. Dirinya menemukan fakta bahwa perempuan memiliki peran penting dalam beberapa hal.

“Banyak perannya yakni seperti menjaga ketahanaan pangan, menjaga lingkungan dari polusi rumah tangga, emisi karbon. Bahkan dalam pencegahan penanganan kebakaran hutan,” katanya.

Terakhir dia menyampaikan dan berpesan, disertasi yang mengantarkannya mendapat gelar doktor, kiranya dapat menjadi bahan kajian, pertimbangan dan kajian, baik bagi pemerintah, ilmuan dan masyarakat. Selain itu, dia juga menyampaikan Terima kasih atas dukungan keluarga, civitas UPR dan masyarakat. (Rul)

Berita Terkait