Semua harus Paham Informasi Teknologi

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr. Andrie Elia SE, M.Si mengatakan bahwa, kehidupan sosial di jaman era revolusi Industri 4.0 memaksa semua elemen masyarakat harus melek teknologi.

Baik diusia manusia memasuki tahapan sekolah hingga memasuki usia lanjut (tua). Karena semua ragam informasi kita telah tersaji dengan mengedepankan teknologi yang lebih berbasis digital.

“Kita sekarang hidup di jaman era revolusi Industri 4.0. Konsekuensinya yakni semua berbasis IT, perkembangan teknologi sangat cepat, informasi tersedia dalam genggaman, tuntutan tinggi dalam segala aspek. Dan ini lebih terasa bagi kalangan usia produktif dimana persaingan pasar kerja,” ucapnya dibincangi diruang kerjanya pada Kamis (17/06/2021).

Lanjutnya, hal tersebut juga merupakan materi yang disampaikan Andrie Elia saat menjadi narasumber Webinar Akses Layanan Online Belajar Mandiri Kegiatan Diknas Provinsi Kalimantan Tengah pada Rabu (16/06/2021) lalu.

“Hal ini penting untuk disampaikan, agar masyarakat mengetahui tantangan yang dihadapinya saat ini,” katanya.

Ditambahkan bahwa revolusi Industri 4.0 juga mengharuskan masyarakat paham tentang teknologi informasi. Karena, semua hal yang terjadi, akan berbasis teknologi. Baik dalam mendapatkan informasi, administrasi, kesehatan, menjalankan usaha, pendidikan serta lainnya.

“Oleh itu saya sampaikan, mari kita siapkan diri. Tidak hanya masyarakat usia milenial, anak sekolah hingga orang tua juga harus membiasakan diri dengan teknologi,” ujarnya

Lanjutnya lagi, di UPR setiap mahasiswa telah diwajibkan paham akan teknologi. Kemudian segala informasi, edukasi dan bahan pembelajaran tersaji dengan berbasis teknologi.

Selain upaya diatas, UPR juga turut mendukung melalui administrasi, yakni menyiapkan program tambahan yang dapat membantu mahasiswa untuk melek teknologi.

“Berbagai upaya dilakukan UPR, seperti tes keterampilan IT, keterampilan berbahasa asing dan kemampuan non akademik, kemudian mahasiswa mendapatkan surat keterangan pendampingan ijazah,” katanya.

Surat keterangan pendampingan tersebut jelasnya adalah surat keterangan bahwa mahasiswa tersebut memiliki keterampilan plus diluar bidang akademiknya. (Rul)

Berita Terkait