Tidak Hanya Ciptakan Mahasiswa ber IP Tinggi

Mahasiswa harus bermental Kuat, kreatif dan inovatif

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Tahun perkuliahan 2021, Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr. Andrie Elia, S.E., M.Si menyampaikan bahwa dunia kerja saat ini tidak hanya mencari tenaga kerja yang memiliki gelar dengan Indek Prestasi (IP) tinggi. Namun juga dituntut memiliki nilai lebih.

Yakni memilki mental kuat, kreatif, inovatif dan berani memulai, bukan sekedar mengalir mengikuti perkembangan jaman.

“Tantangan kerja sudah sangat ketat. Tidak hanya memiliki gelar dan nilai tinggi saja untuk diandalkan. Tapi harus memiliki mental kuat, kreatif dan tindakan positif serta harus berani memulai,” katanya disela kesibukannya saat berbincang dengan awak media belum lama ini.

Dijelaskan bahwa dalam bursa tenaga kerja sangat diperlukan SDM dengan nilai lebih. Maksudnya, ijazah dan nilai hanya untuk syarat administrasi, namun yang paling diutamakan mental dan kinerja.

Bahkan menurutnya, seorang sarjana sebenarnya diharapkan bukan untuk mencari kerja, namun lebih diharapkan bisa membuka lapangan kerja.

“Apalagi ditengah Pandemi saat ini. Kemudian Revolusi Industri 4.0, maka diperlukan pengetahuan teknologi dan keuletan, inovasi dan kreativitas. Yang utama, berani memulai dan kerja keras,” ujarnya.

Oleh karena itu, sebagai rektor Andrie sering menyampaikan disetiap kesempatan saat berkordinasi dengan dosen di UPR. Yakni agar dosen tidak hanya fokus mendistribusikan pengetahuannya saat berkuliah.

“Namun juga membentuk mental mahasiswa dan kepribadian yang baik. Tidak hanya memberi materi kuliah dan memberi nilai. Itu yang saya harapkan, karena UPR kedepannya sebagai Universitas harus bisa mencetak lulusan dengan nilai lebih,” tukasnya.

Andrie berharap agar mahasiswa di UPR untuk tidak hanya mengejar ijasah dan nilai tinggi. “Tetapi manfaatkan saat berkuliah untuk menggali sebanyak mungkin sesuatu yang dapat meningkatkan kapasitas diri, skill, kepribadian dan menggodok mental menjadi baik,” tandasnya. (Rul)

Berita Terkait