UPR dan GGGI Gelar Lokakarya

Uprjayaraya.com
Palangka Raya
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, Universitas Palangka Raya (UPR) bekerja sama dengan GlobaL Green Growth Institute (GGGI) menggelar lokakarya sekaligus launching buku TPB/SDG’s. Kegiatan akademik dengan tema “Kolaborasi Jejaring TPB/SDG’S digelar di Gedung Pusat Pengembangan Iptek dan Inovasi Gambut (PPIIG) belum lama ini di Palangka Raya.

Rektor UPR, Prof Dr Ir Salampak Dohong MS mengatakan bahwa tujuan kegiatan itu bertujuan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goals.

Ada beberapa narasumber turut memberikan ilmunya, diantaranya: Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Dr. H. Kaspinoor, S.E., M.Si, Sekretaris UPT Smart Green dan SDG’s Universitas Sultan ageng Tirtayasa, Heri Haryanto, S.T., M.T, dan Ketua SDG’s UPR, Nina Yulianti, Ph.D.

Prof Dr. Ir Salampak Dohong MS

Dalam sambutannya Salampak mengungkapkan bahwa acara kolaborasi TPB/SDG’s merupakan kerjasama kolaboratif yang diperlukan lintas sektoral demi mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan di Kalimantan Tengah, terutama dalam peran Provinsi Kalteng sebagai daerah penyokong Ibu Kota Negara, yang harus siap dalam menyiapkan sumber daya manusia yang handal, unggul dan berkarakter.

“Ini adalah bentuk kerjasama kolaboratif dengan tujuan pembangunan SDM di Kalteng. Terlebih lagi, Kalteng sebagai daerah penyokong Ibu kota Negara. Jadi mulai dari sekarang kita harus persiapkan,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama Kepala Bapedalitbang Provinsi Kalteng, Dr. H. Kaspinoor, S.E., M.Si, menyampaikan dengan adanya kolaborasi kelembagaan yang baik dapat memberikan dukungan dalam pembangunan demi inovasi di daerah. Pemda Provinsi Kalteng sangat menyambut baik kolaborasi ini demi mendukung pembangunan guna mendukung semua rencana pembangunan di Kalteng.

Sementara itu, ketua GGGI Provincial Representatif for Central/South Central, Hendrik Segah, Ph.D, dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini kerjasama UPR dan GGGI sudah melaksanakan pelatihan/training/BIMTEK terkait isu Perubahan Iklim di Kalimantan Tengah dibawah payung kerjasama dalam mendukung Indonesia mencapai target NDC, dan program Net Sink-FOLU 2030. Selain itu dengan adanya kerjasama UPR dan GGGI diharapkan program Pertumbuhan Hijau (Green Growth Program) pada fase ketiga, dapat berjalan beriring bersama pemangku kebijakan yang ada di Kalimantan Tengah. (rul)

Berita Terkait