UPR Gelar Bimbtek Ditrace

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Universitas Palangka Raya (UPR) melalui Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan Universitas Palangka Raya, menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi Tracer Study Universitas Palangka Raya DITRACE (Digital Information Tracer Study) yang digelar di Aula Rahan, lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Palangka Raya beberapa waktu lalu.

Kegiatan Bimbingan Teknis diikuti oleh sejumlah operator Tracer Study dari Prodi, Fakultas dan Universitas dengan pemateri Tim Digitalisasi Universitas Palangka Raya.

Rektor Universitas Palangka Raya Prof Dr Ir Salampak MS diwakili kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan menyampaikan bahwa tracer study dilakukan untuk mengetahui outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja (termasuk masa tunggu kerja dan proses pencarian kerja), situasi kerja terakhir dan aplikasi kompetensi dunia kerja.

“Kemudian Output pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi, proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi dan Input pendidikan berupa penggalian lebih lanjut terhadap informasi sosiobiografis lulusan,” ucapnya.

Ditambahkannya bahwa UPR dari tahun 2021 telah membangun sistem berupa aplikasi Tracer Study dengan nama DITrace (Digital Informasi Tracer Study) yang terus dikembangkan guna mengakomodir kebutuhan terkait Tracer Study.

Hasil pengukuran capaian tahun 2021 melalui DITrace terhadap lulusan tahun 2020 diperoleh bahwa dari 2277 lulusan, hanya 1253 alumni yang mengisi kuisioner atau masih 55% tingkat partisipasi. Sedangkan hasil sementara pengukuran capaian tahun 2022 pada triwulan 3, dari 2892 lulusan, baru 899 alumni yang merespon atau 31%.

“Dengan demikian, menjadi usaha kita bersama untuk mendorong tingkat partisipasi alumni agar dapat berkontribusi sebagai responden kuisioner di Aplikasi Tracer Study Universitas Palangka Raya,” katanya.

Diharapkan Fakultas dan Program Studi melalui operator masing masing dapat menjadikan Aplikasi DITrace sebagai sistem Tracer Study Universitas Palangka Raya sebagai media pengukuran capaian IKU 1 masing-masing, baik dalam rangka mendukung Akreditasi Program Studi maupun secara keseluruhan mendukung capaian IKU 1 dan pemeringkatan Universitas Palangka Raya. (rul)

Berita Terkait