UPR Gelar Pelatihan Tanggap Darurat Karhutla

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya (FAPERTA) melaksanakan kegiatan Pelatihan Tenaga Pemadam Kebakaran Hutan dan Pembentukan Tim Tanggap Darurat Faperta UPR, kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Fakultas Pertanian belum lama ini.

Kegiatan terlaksana dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Yang mana sebelum mengikuti kegiatan seluruh peserta pun telah di swab untuk memastikan peserta sehat dan tidak terdapat virus Covid-19.

Saat dibincangi, Dr. Renhart Jemi, S.Hit, MP yang merupakan Ketua Pelaksana kegiatan tersebut sekaligus juga Staf pengajar Kehutanan Faperta Universitas Palangka Raya (UPR) menyampaikan tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu meningkatkan pengetahuan peserta pelatihan tentang pengendalian kebakaran lahan dan hutan.

“Khususnya tentang dampak kebakaran dan cara mengatasinya, meningkatan kerjasama tim dalam pengendalian kebakaran lahan dan hutan serta membentuk satuan tugas pengendalian kebakaran lahan dan hutan Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya,” katanya.

Kegiatan tersebut lanjutnya menghadirkan para narasumber yang ahli dan berkompeten diantaranya Kepolisian Resort Kota Palangka Raya Polda Kalimantan Tengah, Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah, Klinik Kimia Farma Palangka Raya
dan UPT LLG CIMTROP Universitas Palangka Raya.

“Peserta pelatihan sebanyak 15 orang dari Mapala Sylva Raya Jurusan Kehutanan Faperta UPR. Peserta sudah dilakukan tes Covid-19 dengan menggunakan metode GeNose C19 di PKU Muhammadiyah Palangka Raya,” Ucapnya.

Kemudian, kegiatan dilaksanakan dilakukan dua hari yaitu pada tanggal 14 – 15 Juni 2021. Hari pertama dilaksanakan pemberian materi di aula Faperta UPR dan hari kedua dilakukan praktek pemadam api di hutan kampus UPR.

Sementara Rektor UPR Dr Andrie Elia S.E., M.Si melalui, Dekan Fakultas Pertanian UPR Dr. Ir. SOSILAWATY, MP. Ketika diminta tanggapannya menyampaikan bahwa kegiatan ini di fasilitasi oleh Fakultas mengingat selama ini di setiap musim kemarau sering terjadi kebakaran di lahan kampus khususnya di green campus UPR.

Maka di bentuk lah tim yang permanen sehingga kalau ada kebakaran lahan sudah ada tim yang terlatih, tim ini melibatkan MAPALA sylva FP.

“Ini juga merupakan kegiatan sosial untuk menunjang kegiatan pengabdian kepada masyarat, tim ini juga nantinya bisa membantu tim pemadam lainnya di luar UPR khususnya dalam kegiatan pemadaman kebakaran hutan dan lahan, kegiatan ini juga untuk menunjang IKU Universitas/Rektor UPR,” tutupnya. (Rul)

Berita Terkait