UPR Harus Mampu Jawab Tantangan Kedepan

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Tantangan yang harus dilakukan generasi penerus bangsa kedepannya semakin tinggi. Terlebih lagi, akan adanya sumber daya manusia dari berbagai wilayah akan bersaing untuk menjawab tantangan pembangunan. Khusus di Kalimantan Tengah, Universitas Palangka Raya (UPR) sebagai pencetak SDM, dituntut menciptakan generasi yang mampu menjawab tantangan kedepan.

Rektor UPR Prof Dr Ir Salampak M.S.
menyampaikan, kedepan UPR akan terus menghasilkan lulusan terbaiknya.

“Diusungnya tema Dies Natalis Ke-59 tahun 2022 yaitu Sinergitas menuju UPR Unggul dan Berkarakter agar dapat terus menghasilkan lulusan yang dapat menjadi generasi yang unggul, terampil lentur, ulet serta memiliki karakter tanggap dan siap menghadapi perubahan jaman, tanpa tercabut dari akar budaya bangsanya,” ungkapnya.

Prof Dr. Ir. Salampak M.S.

Ditegaskannya bahwa tenaga pendidik di UPR harus bisa berinovasi, terbuka atas pengetahuan baru dan mempertajamnya dengan penelitian ilmiah dan kemudian dituangkan dalam tulisan. Dengan demikian, tulisan tersebut dapat menjadi literatur dan media belajar mahasiswa/I UPR.

“Tantangan UPR di masa yang akan datang tidaklah mudah seiring dengan perubahan yang terjadi akibat perkembangan iptek dan teknologi yang pesat, serta perubahan aspek sosial, ekonomi dan budaya dengan laju yang tinggi,” katanya.

Ditambahkannya Universitas Palangka Raya memiliki tanggung jawab moral untuk mengambil peran penting sebagai universitas yang berada di daerah penyangga ibu kota negara (IKN) baru, sehingga sinergitas antar berbagai pihak (pemerintah pusat-pemerintah daerah-swasta-PTN/PTS) menjadi kunci pengembangan dan kemajuan Universitas Palangka Raya dalam menjalankan perannya sebagai lembaga perguruan tinggi. (rul)

Berita Terkait