Beragam Etnis dan Budaya Adat Meriahkan Karnaval Budaya Isen Mulang

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan Wagub Habib Ismail bin Yahya mengibarkan bendera start untuk melepas Karnaval Budaya Isen Mulang, di Bundaran Besar Palangka Raya, Selasa (18/6/2019).

PALANGKA RAYA – Masih dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2018, Karnaval Budaya dan Pawai dalam rangka Pekan Budaya Isen Mulang, digelar di Kota Palangka Raya, Selasa (18/6/2019).

Pada Karnaval Budaya dan Pawai ini, tidak hanya budaya Kalteng yang ditampilkan, tapi juga secara nasional. Karena kegiatan ini selain diikuti Instansi lingkup Pemprov Kalteng, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalteng, juga turut dimeriahkan oleh sejumlah paguyuban dari beberapa daerah di Indonesia. Selain itu, tampak pula dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, pelajar serta organisasi kemasyarakatan dan keagamaan.

Beragam pakaian adat nasional dan pakaian lainnya yang dihiasi berbagai macam pernik, bahkan tampil pula Ondel-ondel dari warga Betawi di Palangka Raya menambah kemeriahan acara ini yang ditonton oleh ribuan warga.

Kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran ini, dihadiri Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya, Wakil Ketua DPRD Kalteng H Abdul Razak, Bupati/Wali Kota se-Kalteng, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan para undangan lainnya.

Karnaval yang dimulai dari Bundaran Besar Palangka Raya ini, menjadi pusat perhatian dan hiburan tersendiri bagi masyarakat. Tampak antusias warga dari anak-anak hingga orang tua mengikuti acara tersebut dengan berjejer sepanjang rute yang sudah ditetapkan oleh panitia.

Selain itu, ada juga penampilan mobil hias yang ikut meramaikan acara ini. Mobil-mobil hias bergerak perlahan di jalanan dan tak lepas dari bidikan kamera para warga dan wisatawan.(mz/red)

Berita Terkait