Pelayanan Publik Sistem Digital Perlu Diterapkan

Fahrizal Fitri

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), terus mendorong proses pelayanan publik untuk menerapkan sistem digital. Khususnya di instansi yang bersentuhan langsung dengan pelayanan kepada masyarakat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Fahrizal Fitri mengatakan, terobosan itu dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan perintah.

“Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, segala kemudahan bisa dibuat. Salah satunya yang berkaitan dengan pelayanan publik, seperti pengurusan izin, pelayanan di Samsat dan di rumah sakit. Semakin mudah layanannya, maka semakin memberi kenyamanan,” imbuh Fahrizal di Palangka Raya, kemarin.

Diungkapkan, salah satu yang perhatian Pemprov Kalteng sekarang ini adalah bagaimana mengatasi antrean pasien di rumah sakit. Karena selama ini selalu menjadi keluhan masyarakat, terlebih saat terjadi penumpukan pasien. Untuk itu, ke depan pihaknya akan berupaya menerapkan sistem digital guna mengurangi padatnya antrean pasien di rumah sakit.

“Dengan sistem digital ini, maka hanya dengan melihat nomor antrean melalui aplikasi telepon pintar, pasien bisa tahu kapan dan jam berapa dia akan mendapatkan pelayanan kesehatan. Tidak lagi seperti sekarang, pasien datang pagi-pagi ke rah sakit dan berdesak-desakan di ruang tunggu,” ungkapnya.

Begitu pula dalam hal pembayaran pajak kendaraan, ke depan akan diterapkan sistem e-Samsat. Melalui sistem itu, masyarakat tidak perlu lagi datang ke Kantor Samsat untuk menyelesaikan tagihan pajak kendaraannya. Cukup hanya menggunakan gawai berbasis android, maka pembayaran pajak kendaraan dapat dilakukan.

“sistem digital ini akan terus dikembangkan, karena akan lebih memudahkan dan lebih efektif, tugas-tugas pemerintah dalam pelayanan publik lebih cepat,” kata Fahrizal Fitri. (redaksi)

Berita Terkait