Peningkatan Infrastruktur Jalan di Tasik Payawan Telan Dana Rp25 Miliar

Camat Tasik Payawan, Pimanto

KASONGAN – Pada tahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten Katingan menggelontorkan dana untuk peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah Kecamatan Tasik Payawan. Nilai anggarannya cukup besar mencapai Rp25 miliar.

“Dari Dinas Pekerjaan Umum (Kabupaten Katingan) menggelontorkan dana sebesar Rp25 miliar hanya untuk peningkatan badan jalan di wilayah Tasik Payawan. Belum lagi untuk jembatan,” ujar Camat Tasik Payawan, Pimanto di Kasongan, Senin (1/4/2019).

Kalan yang ditingkatkan tersebut di antaranya jalan penghubung Desa Tasik Payawan, Ibukota Kecamatan Tasik Payawan menuju jalan Baun Bango sepanjang sekitar 3 kilometer (km).

“Dana peningkatan jalan sekitar 3 kilometer dari Baun Bango menuju Petak bahandang biayanya hampir Rp10 miliar yang sudah disetujui, konsultan pun sudah turun ke lapangan. Kegiatan ini merupakan hasil Musrenbang 2018, yang direalisasikan pada 2019 ini,” jelasnya.

Kondisi jalan di Kecamatan Tasik Payawan, Kabupaten Katingan, yang rusak parah dan banjir jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Selain itu, tambah mantan Kepala Satpol PP Katingan ini, jalan yang akan ditingkatkan meliputi Desa Luwuk Kanan, Luwuk kiri, Tumbang Panggo dan Petak Bahandang. Peningkatan jalan tersebut sangat diperlukan. Karena wilayah Tasik Payawan terkena titik pasang surut, yang berakibat akan terendam banjir lama saat musim penghujan.

“Banjir mengakibatkan akses jalan dari Tasik Payawan ke kabupaten putus. Kita berharap dengan adanya pembangunan di tahun 2019 ini, tidak akan putus lagi. Ada juga empat buah jembatan yang akan dibangun ke arah Desa Petak Bahandang,” ungkap Pimanto.(mz/red)

Berita Terkait