PWI Gelar Bakti Sosial di “Desa Binaan”

Selamat Hari Pers Nasional 2019

Penyerahan bantuan berupa bibit tanaman, tong sampah, mesin potong rumput dan perangkat olahraga oleh PWI Barut dan PWI Kalteng kepada perwakilan warga Desa Sabuh, Sabtu (27/4/2019).

MUARA TEWEH – Masyarakat Desa Sabuh, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara (Barut), mengaku sangat apresiasi dan bersyukur bisa dikunjungi oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalteng dan PWI Kabupaten Barut, Sabtu (27/4/2019).

Apalagi dalam rangkaian kegiatan ini, Desa Binaan PWI Kabupaten Barut ini kembali mendapatkan bantuan, berupa bibit tanaman buah, tong sampah, mesin potong rumput dan perangkat olahraga.

Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada warga bertepatan dengan kegiatan bakti sosial dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2019 Tingkat Provinsi Kalteng, dengan tuan rumah Kabupaten Barut.

Kegiatan bakti sosial yang diikuti jajaran pengurus dan para anggota PWI Barut ini dihadiri Ketua PWI Kalteng H Sutransyah.

Kepala Desa Sabuh M Junaid, didampingi tokoh warga setempat Mahyuni, menyampaikan terima kasih kepada PWI Barut atas sejumlah bantuan tersebut. Apresiasi juga disampaikan terhadap PWI Kalteng dan PWI Pusat yang menginisiasi dijadikannya desa ini sebagai Desa Binaan sejak tahun 1993.

“Manfaat Program Desa Binaan ini sangat kami rasakan sebagai warga desa, mulai dari masuknya jaringan listrik, terbangunannya jalan desa sepanjang 9 kilometer dan lainnya hingga kini,” ungkap Junaid.

Ke depan, pihaknya berharap jajaran PWI yang sudah mereka anggap sebagai saudara dan keluarga sendiri ini, bisa menyampaikan aspirasi mereka, yaitu memperkuat jaringan telekomunikasi. Selain itu nyala listrik yang saat ini masih terbatas bisa ditambah lagi.

Saat ini jumlah warga Desa Sabuh terdata sekitar 600 kepala keluarga, atau mencapai 1.900 jiwa yang tersebar di beberapa Rukun Tetangga (RT). Masyarakat setempat umumnya bekerja sebagai petani karet, karyawan perusahaan sawit, dan sebagian lagi pegawai pemerintahan.

Terkait harapan warga tersebut, Ketua PWI Barut Robby Cahyadi berjanji akan menyampaikannya ke pihak terkait di jajaran pemerintah daerah.

Dikatakannya, PWI tidak memiliki kemampuan dana. Namun, punya akses untuk menyampaikan usulan warga kepada pemerintah daerah.

“Seperti bantuan yang kita serahkan ini, sepenuhnya berasal dari Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dispora, dan Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara,” ujarnya.

Sedangkan untuk usulan penguatan sinyal telekomunikasi dan perpanjangan jam nyala listrik, menurut Robby, secepatnya akan disampaikan ke Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi, serta Perusahaan Listrik (PLN) daerah.

Di kesempatan sama, Ketua PWI Kalteng H Sutransyah menambahkan, sudah selayaknya warga Desa Sabuh bangga dengan dijalankannya Program Desa Binaan ini. Sebab, baru Desa Sabuh ini yang menjadi tempat pelaksanaan program tersebut.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. Pesan kami, agar warga dapat menjaganya dengan baik, sehingga bisa memberi manfaat dalam waktu yang lama,” ujar Sutransyah. (mz/il/red)

Berita Terkait