Ratusan Pramuka Meriahkan Kegiatan Perkemahan

Arbusin Berharap Siswa SMP Lebih Mengenal SMA 5 Palangka Raya

Pramuka Penegak dan Penggalang se-Kalteng mengikuti pembukaan kegiatan kemah di SMA 5 Palangka Raya, Kamis (25/4/2019).

PALANGKA RAYA – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Palangka Raya, Dr H Mofit Saptono Subagio secara resmi membuka kegiatan perkemahan Pramuka yang dipusatkan di lingkungan Sekolah Menengah Atas Negeri 5 (SMA 5) di Jalan Tingang Palangka Raya, Kamis (25/4/2019) sore.

Dalam sambutannya di hadapan ratusan peserta kegiatan, Mofit mengatakan bahwa Pramuka adalah sebuah organisasi yang bukan hanya mendidik kader untuk tertib di dalam perilaku saja, tapi juga tertib organisasi. Karena itu, ke depan hendaklah semua tingkatan kepramukaan berjalan sesuai dengan porsinya, baik Gugus Depan (Gudep), Kwartir Ranting (Kwarran), Kwartir Cabang (Kwarcab) maupun Kwartir Daerah (Kwarda).

Dalam hal ini, Gudep bukannya tidak boleh menyelenggarakan suatu kegiatan skala provinsi, malah Kwarcab sebagai induk Gudep berterima kasih atas adanya kegiatan seperti itu. Namun, ada aturan-aturan yang menata itu semua. Karena untuk kegiatan kepramukaan skala provinsi, termasuk siapa saja yang diundang untuk hadir, perlu persiapan secara matang. Terutama karena menyangkut pergerakan anggota Pramuka dari satu tempat ke tempat lain.

“Tentu harus betul-betul dijaga dan diawasi. Karena anak-anak Pramuka ini adalah kader-kader terbaik bangsa, yang tentu harus kita jaga secara bertanggung jawab. Jangan sampai terjadi apa-apa terhadap mereka,” jelas mantan Wakil Wali Kota Palangka Raya ini.

Ketua Kwarcab Pramuka Palangka Raya Dr Mofit Saptono bersama Ketua Mabigus 227-228 TTU Drs Arbusin berfoto bersama para pembina usai membuka Kemah Pramuka di SMA 5 Palangka Raya, Kamis (25/4/2019).

Mofit yang juga Wakil Ketua Kwarda Kalteng ini menambahkan, dalam beberapa tahun belakangan, banyak Gudep di Palangka Raya yang melaksanakan kegiatan serupa yakni melibatkan satuan Pramuka di Gudep lainnya. Salah satunya adalah SMA 5 Palangka Raya, untuk yang ketiga kalinya. Hampir semua sekolah yang melaksanakan kegiatan sejenis, dinilai sudah bisa melaksanakan dengan kualitas dan kapabilitas yang bagus.

“Nah, tinggal kompetisi antar Gudep dalam mengikuti setiap kegiatannya. Semoga bermanfaat untuk bekal generasi muda kita di masa-masa mendatang,” harap Mofit.

Sementara itu, Kepala SMA 5 Palangka Raya, Drs H Arbusin, mengaku berharap banyak kepada Kwarda dan Kwarcab Palangka Raya bahwa momentum kegiatan yang dilaksanakan Gudep 227-228 Taruna Tingang Utama ini mendapatkan perhatian lebih. Apalagi pada kegiatan kali ini, jumlah peserta lebih banyak dari tahun sebelumnya. Di mana selain dari Palangka Raya, juga ada peserta utusan dari beberapa kabupaten di Kalteng.

“Intinya, kita ingin diberi motivasi yang lebih dari pemerintah melalui Kwarda dan Kwarcab. Untuk kegiatan yang ketiga kali ini, Alhamdulillah Kwarcab bisa langsung turun tangan melakukan pengawasan. Supaya kegiatannya bisa berjalan lancar, tertib dan aman. Tentu kita senang dan bahkan merasa bahagia bahwa Kwarcab sangat mendukung kegiatan kami,” kata Arbusin.

Dengan adanya kegiatan ini, pihaknya berharap anak-anak Pramuka khususnya yang dari SMP/MTs bisa termotivasi untuk lebih mengenal SMA 5 Palangka Raya yang dulunya dikenal dengan nama SMA Plus. “Setidaknya mereka bisa tahu seperti apa SMA 5 Palangka Raya ini,” imbuhnya.

Kepada pihak Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, Arbusin juga berharap agar lebih memerhatikan kegiatan kepramukaan maupun kegiatan ekstrakurikuler lainnya di SMA 5 Palangka Raya. Selain itu, memberikan motivasi bahwa kegiatan ini memang bermanfaat bagi generasi muda.

Untuk diketahui, Kemah Pramuka Penggalang dan Penegak yang ketiga di Gudep 227-228 TTU SMA 5 Palangka Raya ini, diikuti ratusan Pramuka dari Gugus Depan se-Kota Palangka Raya dan utusan beberapa Kwarcab di Kalteng. Kegiatan yang diisi dengan berbagai cabang lomba prestasi dan ketangkasan ini dijadwalkan pada tanggal 25 – 28 April 2019. (mz/red)

Berita Terkait