Umat Hindu Kaharingan Diimbau Tingkatkan Peran Membangun Daerah

Wakil Bupati Katingan, Sunardy NT Litang melakukan potong pantan saat Safari Dharma Santi di Desa Hampalam, Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Katingan, Selasa (2/4/2019).

KASONGAN – Umat Hindu Kaharingan khususnya di Kabupaten Katingan diimbau untuk meningkatkan ‎peranserta dalam membangun daerah bersama pemerintah kabupaten setempat.

Imbauan itu diutarakan oleh Wakil Bupati Katingan, Sunardy NT Litang saat mengikuti Safari Dharma Santi di Desa Talian Kereng, Kecamatan Katingan Hilir, Senin (1/4/2019) sore.

Tidak dapat dipungkiri‎, kata Wabup, di era sekarang ini adanya pergeseran-pergeseran terhadap perubahan tatanan kehidupan bermasyarakat. Dari mencari ketenangan, telah bergeser kepada mencari kesenangan atau kepuasan individu.

“Di mana sifat gotong-royong sudah hampir tidak kelihatan lagi. Ini salah satu akibat negatif dari kemajuan teknologi. Hal negatif seperti itu yang perlu kita waspadai dan tentu dapat kita bendung dengan kecerdasan spiritual,” kata Sunardy.

Terkait pelaksanaan Safari Dharma Santi, tambah dia, merupakan suatu agenda tetap Pemerintah Kabupaten Katingan setiap tahun, seperti halnya Safari Ramadhan dan Safari Natal. “Untuk Safari Dharma Santi ini kita laksanakan setelah Hari Raya Nyepi,” kata Wabup Katingan.(mz/red)

Berita Terkait