BIMP-EAGA Siap Kembangkan Wisata Alam Sungai Sebangau

Pangeran Yura Kesteria dari Kesultanan Brunei Darussalam saat menikmati susur Sungai Sebangau, Palangka Raya, baru-baru ini.

PALANGKA RAYA – Suasana alam di jalur Sungai Sebangau, Kota Palangka Raya, rupanya cukup membekas dan menarik perhatian Pangeran Yura Kesteria PSN Haji Md Yusuf, dari Kesultanan Brunei Darussalam.

CEO Brunei, Indonesia, Malaysia, and Philippines East Growth Area (BIMP-EAGA) ini bahkan menyatakan siap mengembangkan kawasan Wisata Alam Sungai Sebangau.

Usai melakukan susur Sungai Sebangau dan bertambat di Dermaga Kereng Bangkirai, Palangka Raya, Kamis (4/4/2019) sore, Pangeran Yura yang ditemui uprjayaraya.com, mengakui di jalur Sungai Sebangau banyak potensi yang bisa menarik minat wisatawan. Untuk itu, perlu dibangunkan tempat-tempat wisata, serta mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Karena kawasan ini memiliki areal yang cukup luas, dan sesuai untuk dikomersilkan,” jelas Pangeran Yura.

Menurutnya, melalui kerja sama dengan instansi terkait (pariwisata) setempat, pihaknya siap melakukan survei apa yang harus direncanakan dan dibuat untuk pengembangan objek wisata Sungai Sebangau. BIMP-EAGA juga siap melakukan pemetaan dan menata aktivitas setempat untuk mengembangkan pariwisata.

“Saya lihat kawasan Sungai Sebangau jika empat sampai lima kapal bersamaan berlayar, bisa tidak menampungnya. Jika tidak, maka perlu dilakukan beberapa terobosan,” ujarnya.

Kemudian, jika ingin menarik minat wisatawan, maka kapal-kapal wisata yang ada harus dirias lebih cantik lagi.

Selain itu, lanjutnya, hal yang juga penting adalah bagaimana mengelola sampah yang terkesan mengotori Sungai Sebangau. Hal itu perlu dilakukan, supaya tidak menjadi suatu masalah baru di kemudian hari. (il/red)

Berita Terkait