CIMTROP Miliki Laboratorium Alam Hutan Gambut

Dr Yusurum Jagau

PALANGKA RAYA – Centre For International Cooperation In Sustainable Management of Tropical Peatland (CIMTROP) Universitas Palangka Raya (UPR) memiliki Laboratorium Alam Hutan Gambut.

Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) CIMTROP, UPR Dr Yusurum Jagau mengatakan, Laboratorium Alam Hutan Gambut tersebut terletak di wilayah Sebagau, Kota Palangka Raya.

“Laboratorium tersebut dikhususkan untuk melakukan riset, pusat pendidikan lingkungan dan pemantauan,” kata Yusurum Jagau, kepada UPRjayaraya.com, Kamis (28/3/2019).

Ia menjelaskan, keberadaan Laboratorium Alam Hutan Gambut ini sudah dimanfaatkan sejumlah pihak. Tidak hanya dari masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah, namun juga dari luar negeri.

“Kita banyak juga mendapat kunjungan dari sejumlah negara, di antaranya Jepang, Amerika dan Australia,” ungkapnya.

Selain itu, tambah Yusurum Jagau, sejumlah pelajar di Kota Palangka Raya sudah pernah berkunjung ke Laboratorium Alam Hutan Gambut tersebut.

“Bagi pelajar atau masyarakat bisa saja datang ke laboratorium ini. Namun sebelum berkunjung, harap menyampaikan surat kepada CIMTROP agar didampingi dan diberikan penjelasan tentang lingkungan maupun gambut,” jelasnya. (yfd/red)

Berita Terkait