Hutan Pendidikan UPR di Hampangen Terbakar

Petugas pemadaman mencoba memadamkan api yang membakar kawasan Hutan Pendidikan milik UPR di Desa Hampangen, Kabupaten Katingan, baru-baru ini.

PALANGKA RAYA – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) juga terjadi di kawasan Hutan Pendidikan milik Universitas Palangka Raya (UPR) di Desa Hampangen, Kabupaten Katingan.

Meski belum diketahui berapa luasan lahan yang terbakar, namun per tanggal 24 September 2019, terpantau ada 20 titik panas (hotspot) di kawasan setempat.

Kepala UPT Hutan Pendidikan Hampangen UPR Dr Uras Tantulo mengatakan, pemadaman karhutla di kawasan Hutan Pendidikan Hampangen terus dilakukan.

“Pemadaman kebakaran hutan dan lahan di kawasan Hutan Pendidikan Hampangen melibatkan tim Satuan Tugas Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan Universitas Palangka Raya dan CIMTROP,” kata Uras kepada uprjayaraya.com, Selasa (24/9/2019).

Ia menjelaskan, lahan yang terbakar itu diklaim milik oknum masyarakat. Meski diklaim, tim pemadam terus melakukan pemadaman agar kebakaran hutan dan lahan tidak meluas.

“Lahan yang terbakar itu memang ada diklaim oleh oknum masyarakat. Padahal kawasan tersebut masuk dalam Hutan Pendidikan Hampangen,” kata dia.

Ke depan, tambah Uras, pihaknya berencana membuat tata batas kawasan Hutan Pendidikan Hampangen. Sedangkan masyarakat yang masuk dalam kawasan tersebut, akan dilakukan program kerja sama. (yfd/red)

Berita Terkait