Rektor UPR Berencana Kembangkan Program S2 dan S3

Rektor Universitas Palangka Raya DR Andrie Elia Embang SE MSi, menandatangani nota kesepahaman dengan para pihak, untuk mengembangkan UPR menjadi perguruan tinggi Jaya Raya.

PALANGKA RAYA – Pengembangan Universitas Palangka Raya (UPR), terus dilakukan. Bahkan Rektor UPR DR Andrie Elia Embang SE MSi, berencana menambah program untuk gelar strata 2 (S2), atau magister, dan S3 atau program doktor.

“Saya punya rencana membuka program S2 baru bidang pertambangan, dan perkebunan kelapa sawit. Kalau untuk S3, kemungkinan bidang hukun,” ungkap Andrie, Senin (17/12).

Dijelaskan Andrie, pembukaan program S2, dan S3 yang baru, menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi di Kalteng. Kebutuhan atas tenega kerja pertambangan, perkebunan, dan hukum sangat tinggi. Mengingat Kalteng mempunyai sumber daya alam yang melimpah.

Tentunya, kata Andrie, peluang itu harus dimanfaatkan UPR, untuk menyiapkan generasi kedepan. Jangan sampai justru tenaga ahli bidang pertambangan, perkebunan, dan hukum, didatangkan dari luar daerah. Itu menjadi tugas UPR menyiapkan generasi muda yang siap terjun di dunia kerja.

“Kita akan coba kaji penambahan program itu. Mudahan dapat terealisasi. Itu untuk penyiapan masyarakat lokal, supaya tidak menjadi penonton di daerah sendiri,” tegas Andrie.

Meski menyiapkan program S2, dan S3 yang baru, Andrie mengaku, tetap akan fokus dalam peningkatan akreditas Fakultas, maupun jurusan. Semua akan dijalankan beriringan, sehingga akreditasi bisa naik, dan program studi tetap terjadi penambahan. Dengan begitu, UPR bisa diperhitungkan sebagai perguruan tinggi yang besar, dan mampu menjadi Jaya Raya.(redaksi)

Berita Terkait